MANAJEMEN STRATEGI DALAM MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA PRODUK DAN LAYANAN BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP PROBOLINGGO

Yusron, Mohammad (2024) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA PRODUK DAN LAYANAN BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-088-PS-2024)
E20181045_MOHAMMAD YUSRON.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Yusron, 2024: Manajemen Strategi dalam Meraih Keunggulan Kompetitif pada Produk dan Layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Probolinggo.
Persaingan antar perbankan syariah kian ramai dengan berbagai tawaran produk dan layanan yang memungkinkan masyarakat dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut membuat Bank BSI dituntut untuk selalu berinovasi dalam memudahkan masyarakat untuk menggunakan produk dan layanan perbankan syariah. Untuk memenangkan persaingan antar bank, bank BSI dituntut untuk memiliki manajemen strategi yang efektif agar dapat bertahan dalam jangka panjang.
Fokus penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana Dampak Implementasi Manajemen Strategi Dalam Meraih Keunggulan Kompetitif pada Produk dan Layanan Bank BSI KCP Probolinggo? 2) Bagaimana Bentuk Keunggulan Kompetitif Produk dan Layanan yang dimiliki Bank BSI KCP Probolinggo?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan dampak implementasi manajemen strategi Bank BSI dalam meraih keunggulan kompetitif pada produk dan layanan yang dimilikinya. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan bentuk keunggulan kompetitif berbagai produk dan layanan yang dimiliki Bank BSI KCP Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan cara menelaah data yang sudah diperoleh dari berbagai sumber sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai pembahasan fokus penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, Manajemen strategi yang diterapkan Bank BSI KCP Probolinggo dalam meraih keunggulan kompetitif pada produk dan layanannya antara lain : analisis pasar, penentuan fokus, diferensiasi, pengembangan produk dan layanan, inovasi, pemasaran dan branding, optimalisasi kualitas layanan pelanggan, kemitraan, dan pengukuran kinerja secara berkala. Sedangkan dampak implementasi manajemen strategi dalam meraih keunggulan kompetitif pada produk dan layanan Bank BSI KCP Probolinggo antara lain : Peningkatan keunggulan kompetitif, peningkatan loyalitas nasabah, peningkatan pangsa pasar, peningkatan profitabilitas, inovasi berkelanjutan, reputasi yang kuat, dan kebelanjutan bisnis. Kedua, Bentuk keunggulan kompetitif pada produk yang dimiliki Bank BSI KCP Probolinggo antara lain : produk dan layanan yang beragam, kecepatan dan kemudahan transaksi, dan inovasi teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Mohammad Yusron
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:30
Last Modified: 11 Jul 2024 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32992

Actions (login required)

View Item View Item