PENERAPAN PENDEKATAN HABITUASI DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-ITQON 2 CURAH MALANG RAMBIPUJI JEMBER

Alfarizi, Lutfi (2024) PENERAPAN PENDEKATAN HABITUASI DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-ITQON 2 CURAH MALANG RAMBIPUJI JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (TS-029-PAI-2024)
Lutfi Alfarizi fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Alfarizi, Lutfi. 2024. Penerapan Pendekatan Habituasi Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an al-Itqon 2 Curah Malang Rambipuji Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Kata kunci : Penerapan, Habituasi, dan Menjaga Hafalan Al-Qur’an.
Pondok Pesantren al-Itqon 2 Jember menjadikan penerapan pendekatan habituasi sebagai salah satu kegiatan utama dalam mencapai tujuan pesantren. Pesantren ini dikenal sebagai lembaga yang mampu mencetak santri penghafal Al-Qur'an dengan kemampuan menjaga hafalan yang baik. Di pesantren ini rata-rata santri berhasil menghafal Al-Qur'an dalam waktu 1 tahun. Keberhasilan ini dapat dicapai karena pesantren ini melaksanakan berbagai kegiatan pendukung dengan menerapkan pendekatan habituasi secara konsisten. Kegiatan pendukung tersebut yaitu penerapan pendekatan habituasi muraqabah, sholat tahajjud dan sholat dhuha.
Fokus penelitian ini yaitu : Bagaimana penerapan pendekatan habituasi muraqabah, sholat tahajjud dan sholat dhuha dalam menjaga hafalan Al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Itqon 2 Jember ?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pendekatan habituasi muraqabah, sholat tahajjud dan sholat dhuha dalam menjaga hafalan Al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an al-Itqon 2 Jember.
Peneliti menggunakan teori pendekatan habituasi milik Arie Buskrik. Pendekatan menggunakan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di PPTQ al-Itqon 2 Jember. Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif teori Matthew B. Miles. yaitu: kondensasi data, menyajikan data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangualasi teknik, dependabilitas data, dan konfirmabilitas data.
Kesimpulan penelitian penerapan pendekatan habituasi dalam menjaga hafalan Al-Qur’an yaitu pada pendekatan habituasi muraqabah, santri dibiasakan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama dengan dipimpin satu orang dan melihat Al-Qur’an dalam kurun waktu 24 jam santri muraqabah sebanyak lima juz dengan dibagi beberapa bagian. Kemudian pada penerapan pendekatan habituasi sholat tahajjud santri dibiasakan sholat tahajjud berjamaah sebanyak empat rokaat dua kali salam dengan membaca ayat Al-Qur’an setengah juz. Sedangkan pada penerapan pendekatan habituasi sholat dhuha santri diwajibkan mengikuti sholat dhuha berjamaah dengan empat rokaat dua kali salam dengan membaca setengah juz ayat Al-Qur’an. Sehingga pada pelaksanaan muraqabah santri bisa hatam Al-Qur’an dalam waktu satu minggu. Sedangkan pada Sholat dhuha dan tahajjud, santri bisa hatam satu bulan satu kali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Lutfi Alfarizi
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:46
Last Modified: 02 Sep 2024 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33075

Actions (login required)

View Item View Item