Pemgembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Digital Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Kelas III MIMA 56 Salafiyah Syafi'iyah Tempurejo Jember

Ahmad Muzakki, Zen (2024) Pemgembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Digital Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Kelas III MIMA 56 Salafiyah Syafi'iyah Tempurejo Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Muzakki Zen_223206040008.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada hasil analisa kebutuhan siswa kelas III MIMA 56 Salafiyah Syafi‟iyah Tempurejo Jember yang berjumlah 21 siswa, 80% siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran tematik. 90% siswa menyukai media pembelajaran berbasis digital. 83% siswa membutuhkan inovasi media pembelajaran lain seperti media pembelajaran. Disamping itu 83% siswa tertarik dengan media pembelajaran yang dilengkapi ilustrasi menarik dalam memahami materi tematik tema 1 dan ada 91% siswa setuju jika dikembangkan media pembelajaran berupa Flipbook Digital untuk memudahkan memahami materi
pembelajaran tematik tema Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menguji dan mendeskripsikan validitas. (2) Menguji dan mendeskripsikan praktikalitas. (3) Menguji dan mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran berbasis Flipbook Digital Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.
Penelitian ini tergolong dalam metode penelitian dan pengembangan Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi materi/isi, validasi media pembelajaran, pedoman wawancara, lembar observasi dam dokumentasi. Analisis data terdapat tiga analisis yaitu, (1) Analisis data kevalidan melalui
penilaian ahli terhadap produk yang meliputi ahli materi/isi dan ahli media. (2) Analisis data respon siswa melalui persentase hasil penyebaran angket. (3) analisis keefektifan produk menggunakan Quasi-Experiment jenis one-group pretest posttest design. Sehingga hanya meliputi satu kelompok atau kelas yang akan diberikan pretest dan posttest.
Hasil penelitian dan pengembangan memperoleh persentase 93% dengan kategori “sangat valid” dari validator media, 98% dengan kategori “sangat valid” dari validator materi. Untuk hasil tes diperoleh nilai rerata pretest 47,1 dan rerata
posttest 82. Berdasarkan uji N-Gain dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 25 memperoleh rata-rata sebesar 6442 dimana 6442 > 0,7 yang dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran berbasis Flipbook Digital
dapat dikatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran tematik tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flipbook Digital, Pembelajaran Tematik Terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Muzakki Zen
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:45
Last Modified: 11 Jun 2024 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33086

Actions (login required)

View Item View Item