Strategi dan cara untuk mencapai tujuan penjualan melalui inovasi produk di pusat oleh-oleh UD.Primadona Kabupaten Jember

Musyarofah, Thoifatul (2024) Strategi dan cara untuk mencapai tujuan penjualan melalui inovasi produk di pusat oleh-oleh UD.Primadona Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kh. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
THOIFATUL MUSYAROFAH _201105020031 watermark.pdf

Download (7MB)

Abstract

Thoifatul Musyarofah, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I, 2024: Strategi Dan Cara Untuk Mencapai Tujuan Penjualan Melalui Inovasi Produk Di Pusat Oleh-Oleh UD.Primadona Kabupaten Jember
Strategi inovasi produk adalah perkembangan dan perbaikan produk yang sudah ada atau pembuatan produk baru yang lebuh baik, efisien, atau lebih ,memnuhi kebutuhan konsumen.inovasi produk bertujuan untuk menciptakan produk yang memiliki nilai tambah bagi pelanggan, perusahaan, atau pasar secara umum. Indikator inovasi produk yaitu fitur produk, desain produk dan kualitas produk.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana startegi inovasi produk dalam emningkatkan penjualan di pusat oleh-oleh khas Jember UD.Primadona ? 2) Apa dampak inovasi produk dalam meningktalan penjualan di pusat oleh-oleh khas Jember di UD.Primadona?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)untuk mengetahui strategi inovasi produk dalam meningkatkan penjualan di Pusat oleh-oleh khas Jember UD.Primadona. 2) Untuk mengetahui dampak inovasi produk dsalam meningkatkan penjualan di Pusat oleh-oleh khas Jember UD.Primadona.
Untuk mengindentifikasi permasalahan, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menentukan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Inovasi yang diterapkan oleh UD.Primadona merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. 1) Inovasi yang digunakan yaitu berupa ide-ide dalam mengembangkan produk, yang gunanya untuk memproduksi kekhasan produk dan mempertahankan kegiatan usaha yang berkesinambungan. Ide dalam inovasi produk dilakukan oleh UD.Primadona berdasarkan saran dari konsumen dan informasi dari luar, melihat trend pasar. Inovasi yang dilakukan UD.Primadona yaitu dengan menginovasikan produk berbasis, ukuran, berbasis kemasan, desain dan pengembangan bahan komplementer. Yaitu dengan menciptakan berbagai ukuran dengan volume yang berbeda, inovasi kemasan dengan menginovasikan kemasan yang lebih menarik dari sebelumnya dan inovasi rasa dengan varian rasa yang berbeda-beda. 2) Inovasi yang diciptakan adalah bertujuan agar konsumen baru tertarik dan minat untuk membeli dan pelanggan pun setia dengan produk yang telah diciptakan sehingga memberikan sambungan perusahaan dalam arti dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan.

Kata Kunci: Strategi, Inovasi Produk, Penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Girls Thoifatul Musyarofah
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:15
Last Modified: 12 Jun 2024 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33095

Actions (login required)

View Item View Item