Himam, Nadiah Sabrina (2024) Analisis Penggunaan Platform Media Sosial dalam Membantu Pemasaran Produk UMKM di Kecamatan Kaliwates Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (TS-022-ES-2024)
organized (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Sosial, Pemasaran Digital, UMKM
Dengan tingginya jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di
Indonesia, bersama dengan potensi yang dimilikinya dan dukungan dari pemerintah,
serta peluang untuk meningkatkan potensi tersebut, UMKM sekarang dihadapkan
pada tuntutan untuk dapat beradaptasi dan berevolusi agar dapat bertahan di tengah
persaingan bisnis yang sangat ketat. Namun demikian, situasi ini juga dapat
dianggap sebagai momentum yang tepat bagi para pelaku UMKM untuk melakukan
transformasi digital dan menjangkau pasar yang lebih luas lagi.
Penelitian ini berfokus pada penggunaan platform media sosial dalam
membantu pemasaran bagi pelaku UMKM bidang kuliner di Kecamatan Kaliwates
Jember, sedangkan rumusan masalah dalam peneletian ini adalah bagaimana penggunaan media sosial oleh UMKM, apa saja hambatan-hambatan dalam
menerapkan pemasaran melalui media sosial bagi pelaku UMKM bidang kuliner dan apa platform paling efektif sebagai media pemasaran untuk UMKM.
Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif dengan mengambil lima responden UMKM bidang kuliner dari kecamatan Kaliwates menggunakan indepth interview, obervasi dan dokumentasi sebagai penguat kajian.
Hasil penelitian dalam judul ini menunjukkan bahwa UMKM bidang kuliner di kecamatan Kaliwates Jember sudah menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran produknya, namun terdapat beberapa hambatan dalam penggunaan media sosial seperti rentan terhadap penipuan, manejemen waktu
dalam membuat konten dan melakukan produksi, serta kesulitan dalam penggunaan media sosial tertentu. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa pelaku UMKM cenderung memilih media sosial Instagram sebagai media pemasaran dan media sosial WhatsApp sebagai aplikasi untuk transaksi. Kedua aplikasi ini dipilih karena kemudahan penggunaannya, jangkauan audiens yang luas, dan fitur aplikasi yang lengkap.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Program Magister > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nadiah Sabrina Himam |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 08:19 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33162 |
Actions (login required)
View Item |