Implementasi Nilai-Nilai Wasathiyyah melalui Pendidikan Islam Inklusif pada Mahasantri di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember

Al-Faqih, Iqbalul Haqqi (2024) Implementasi Nilai-Nilai Wasathiyyah melalui Pendidikan Islam Inklusif pada Mahasantri di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
TESIS IQBALUL HAQQI AL-FAQIH 223206030006.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Al-Faqih, Iqbalul Haqqi, 2024. Implementasi Nilai-Nilai Wasathiyyah melalui
Pendidikan Islam Inklusif pada Mahasantri di Pondok Pesantren Al-
Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan
Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad
Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Sarwan, M.Pd, Pembimbing II:
Dr. H. Mustajab, S.Ag. M.Pd.I
Kata Kunci: Implementasi, Nilai Wasathiyyah, Pendidikan Islam Inklusif
Pemahaman islam yang tekstualis seringkali mengakibatkan vonis kafir dan bid’ah
pada sesama muslim. wasthiyyah (moderat) memandang sikap yang ditunjukkan
oleh seorang muslim harus belandaskan pada nilai moderat dan inklusif, sehingga
akan terciptanya kedamaian, sesuai dengan Pendidikan Islam Inklusif yang
merekomendasikan keterbukaan dalam beragama di dalam bingkai rahmatan lil
alamin. Melihat permasalahan tersebut maka perlu adanya proses implementasi
nilai-nilai wasathiyyah, sebagai langkah untuk menyebarluaskan ajaran islam
rahmat dan kasih sayang, berlandaskan pada aqidah ahlussunnah wal jama’ah yang
bertujuan untuk menecetak santri yang berpemahaman moderat, toleran, dan
nasionalis.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi nilai
tawassuth melalui Pendidikan Islam inklusif pada mahasantri di Pondok Pesantren
Al-Bidayah Jember? 2) Bagaimana implementasi nilai tasasmuh melalui
Pendidikan Islam inklusif pada mahasantri di Pondok Pesantren Al-Bidayah
Jember? 3) Bagaimana implementasi nilai I’tiraf bil urf melalui Pendidikan Islam
inklusif pada mahasantri di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis nilai tawassuth melalui
Pendidikan Islam inklusif pada mahasantri di Pondok Pesantren Al-Bidayah
Jember. 2) Untuk menganalisis nilai tasamuh melalui Pendidikan Islam inklusif
pada mahasantri di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember, 3) Untuk menganalisis
nilai I’tiraf bil urf melalui Pendidikan Islam inklusif pada mahasantri di Pondok
Pesantren Al-Bidayah Jember.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi partisipasi pasif, dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan
model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
dilakukan dengan teknik kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan
konfirmabilitas.
Temuan penelitian ini adalah: 1) nilai tawassuth harus ditanamkan melalui
kajian-kajian keagamaan yang berpatokan pada aqidah ahlusunnah wal jama’ah
yang berpandangan moderat dan inklusif. 2) Nilai tasamuh adalah proses
menghargai pendapat dan bertoleransi pada kebenaran pendapat tanpa
merendahkan pendapat yang lain. 3) Nilai I’tirat bil urf adalah proses penerimaan
budaya lokal sebagai praktik sosial keagamaan dan merawat warisan kreasi
intelektual para ulama salaf.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Haqi Faqih
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:37
Last Modified: 12 Jun 2024 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33171

Actions (login required)

View Item View Item