Pengaruh Pencatatan Akuntansi Dan Digital Marketing Dengan Mediasi Kinerja Keuangan Terhadap Peningkatan Laba Pada IKM Jember

Gustian Fasha, Denovit (2024) Pengaruh Pencatatan Akuntansi Dan Digital Marketing Dengan Mediasi Kinerja Keuangan Terhadap Peningkatan Laba Pada IKM Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-63-AKSYA-2024)
Denovit Gustian Fasha_205105030018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Industri Kecil Menengah (IKM) merupakan industri yang
memproduksi barang-barang yang dijual oleh Usaha Kecil Menengah
(UKM). Adapun kegiatan yang dilakukan oleh IKM mulai dari produksi barang sampai dengan pemasaran. Mulai dari melakukan pencatatan akuntansi dengan benar, melakukan pemasaran baik digital maupun tidak dan kinerja keuangan sebagai evaluasi bagi IKM dalam mengambil keputusan pada usahanya.
Rumusan masalah pada penelitian ini 1) apakah ada pengaruh pencatatan akuntansi terhadap peningkatan laba?, 2) apakah ada pengaruh digital marketing terhadap peningkatan laba?, 3) apakah ada pengaruh kinerja keuangan terhadap peningkatan laba?, 4) apakah ada pengaruh pencatatan akuntansi terhadap peningkatan laba melalui kinerja keuangan?, 5) apakah ada pengaruh digital marketing terhadap peningkatan laba melalui kinerja keuangan?.
Tujuan penelitian ini yakni 1) untuk mengetahui pengaruh pencatatan akuntansi terhadap peningkatan laba, 2) untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap peningkatan laba, 3) untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap peningkatan laba, 4) untuk mengetahui pengaruh pencatatan akuntansi terhadap peningkatan laba melalui kinerja keuangan, 5) untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap peningkatan laba melalui kinerja keuangan.
Adapun metode penelitian yang digunakn pada penelitian yakni menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory reseach (bertujuan untuk mengetahui hasil hubungan yang dihipotesiskan). Alat analisis yang digunakan smart PLS 3 dengan sampel 72 IKM yang terdaftar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember.
Terdapat hasil penelitian yang dilakukan pada judul pencatatan akuntansi dan digital marketing dengan mediasi kinerja keuangan terhadap peningkatan laba pada IKM kabupaten jember yakni 1) pengaruh langsung pencatatan akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan laba, 2) pengaruh langsung antara digital marketing dengan peningkatan laba mempunyai pengaruh positif dan signifikan, 3) pengaruh langsung antara kinerja keuangan terhadap peningkatan laba terdapat pengaruh positif yang signifikan, 4) secara tidak langsung keterlibatan pencatatan akuntansi dengan dimediasi kinerja
keuangan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan
laba, 5) secara tidak langsung digital marketing dengan dimediasi kinerja keuangan memiliki dampak signifikan atas peningkatan laba.

Kata Kunci: Laba, Pencatatan Akuntansi, Digital Marketing, Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Denovit Gustian Fasha
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:55
Last Modified: 12 Jun 2024 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33174

Actions (login required)

View Item View Item