Persepsi karyawan bank terhadap peran Cross Selling dalam meningkatkan target penjualan produk tabungan haji iB di Bank Mega Syariah KCP Jember

Zulaehak, Siti (2024) Persepsi karyawan bank terhadap peran Cross Selling dalam meningkatkan target penjualan produk tabungan haji iB di Bank Mega Syariah KCP Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-019-PS-2024)
Skripsi Watermark Zulaijkha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Siti Zulaehak, Toton Fanshurna, M.E.I, 2024: “Persepsi Karyawan Terhadap Peran Cross Selling Dalam Meningkatkan Target Penjualan Produk Tabungan Haji iB Di Bank Mega syariah KCP Jember”
Dengan kemajuan zaman, sektor perbankan perlu mengadopsi beragam strategi guna mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu indikator kesuksesan dalam mencapai target tersebut adalah peningkatan penjualan. Salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah cross selling. Dalam konteks ini, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi persepsi karyawan terhadap peran cross selling dalam meningkatkan target penjualan di Bank Mega Syariah KCP Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana persepsi karyawan terhadap peran Cross Selling dalam meningkatan target penjualan Produk Tabungan Haji iB di Bank Mega Syariah KCP Jember?, (2) Bagaimana implementasi strategi cross selling dalam meningkatkan target penjualan tabungan haji di Bank Mega Syariah KCP Jember?, (3) Apa saja faktor pendukung karyawan di Bank Mega Syariah KCP Jember dalam menerapkan Cross Selling?
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan persepsi karyawan tehadap peran Cross Selling dalam meningkatan target penjualan Produk Tabungan Haji iB di Bank Mega Syariah KCP Jember, (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana karyawan Bank Mega Syariah dalam menerapkan strategi cross selling dalam upaya meningkatkan taarget penjualan produk tabungan haji, (3) Untuk mendeskripsikan faktor karyawan di Bank Mega Syariah KCP Jember dalam menerapkan Cross Selling.
Metode penelitian ini digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian kualitatif deskriptif adalah suatu proses di mana peneliti secara langsung terlibat dalam lapangan untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan hasil wawancara dan dokumen secara kualitatif. Hasil analisis ini kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif, memberikan gambaran yang komprehensif tentang temuan dari penelitian ini.Metode keabsahan data menggunakan trigulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini yatu: (1) Strategi cross selling yang diterapkan oleh Bank Mega Syariah KCP Jember, khususnya dalam promosi produk seperti tabungan haji, dinilai sebagai langkah yang positif. Hal ini karena terlihat adanya peningkatan yang cukup besar sebagai hasil dari penerapan strategi tersebut.(2) Salah satu cara implementasi cross selling yang dilakukan oleh bank adalah dengan melakukan open table pada acara-acara besar sehingga masyarakat dapat mengetahui lebih banyak tentang produk-produk yang ditawarkan oleh BMS KCP Jember. (3) Faktor pendukung yang mempengaruhi karyawan BMS KCP Jember dalam menerapkan Cross selling diantaranya : kompetitor, kebutuhan nasabah, tuntutan, sdm (sumber daya alam).
Kata Kunci : Penjualan, Cross Selling, Tabungan Haji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Persepsi k Siti Zulaehak
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:44
Last Modified: 11 Jul 2024 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33288

Actions (login required)

View Item View Item