Pengembangan media roda berputar pada pembelajaran tematik kelas III di MI Mutiara Hati Jembrana Bali

Ahyah, Ummu (2024) Pengembangan media roda berputar pada pembelajaran tematik kelas III di MI Mutiara Hati Jembrana Bali. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 005 - PGMI - 2024)
SKRIPSI UMMU AHYAH_PGMI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Roda Berputar, Pembelajaran Tematik

Penelitian ini diadakan karena minimnya media pembelajaran pada pembelajaran tematik dikelas III di MI Mutiara Hati Jembrana Bali. Oleh sebab itu, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan media pembelajaran yang menunjang pembelajaran tematik untuk membuat peserta didik tertarik yaitu dengan mengembangkan media roda berputar. proses pembelajaran tematik masih minim dalam menggunakan serta mengembangkan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik kurang semangat dan antusias serta tidak tertarik dalam mengikuti proses belajar mengajar pada pembelajaran tematik
Adapun rumusan masalah dan juga tujuan penelitian yaitu: 1) Bagaimana pengembangan media roda berputar pada pembelajaran tematik kelas III di MI Mutiara Hati Jembrana Bali? 2) Bagaimana kelayakan media roda berputar pada pembelajaran tematik kelas III di MI Mutiara Hati Jembrana Bali? 3) Bagaimana uji respon peserta didik terhadap media roda berputar pada pembelajaran tematik kelas III Di MI Mutiara Hati Jembrana Bali? Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui proses pengembangan media roda berputar pada pembelajaran tematik di kelas III MI Mutiara Hati Jembrana Bali 2) Untuk mengetahui kelayakan media roda berputar pada pembelajaran tematik di kelas III MI Mutiara Hati Jembrana Bali. 3) Untuk mengetahui uji respon peserta didik media roda berputar pada pembelajaran tematik di kelas III MI Mutiara Hati Jembrana Bali.
Metode Penelitian ini menggunakan Research and Development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dengan alat pengumpulam data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua data yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Terdapat tiga validator dalam penelitian ini yaitu validator ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran serta subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas III di MI Mutiara Hati Jembrana bali
Hasil penelitian ini yaitu: 1) media roda berputar yang dikembangkan peneliti didesain dan dirancang dengan bahan-bahan yang mudah didapat. 2) Serta media roda berputar yang dikembangkan peneliti layak digunakan, ini bisa dibuktikan dengan hasil validator media yang mendapat hasil sebesar 88,4% dengan sangat layak, untuk validator materi mendapat skor akhir 89,2% dengan kriteria sangat layak sedangkan untuk ahli pembelajaran memperoleh skor akhir 90%. 3) media roda berputar yang dikembangkan peneliti memperoleh skor 94,5% yang mana ini bisa dibuktikan bahwa peserta didik antusias dan tertarik dengan media yang sudah dikembangkan peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ummu ahyah Alda istipadah
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:46
Last Modified: 02 Jul 2024 05:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33325

Actions (login required)

View Item View Item