Analisis karakteristik gaya belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember

Hunaifi, Imam (2024) Analisis karakteristik gaya belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-031-TADRIS-IPS-2024)
IMAM HUNAIFI_205101090024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB)

Abstract

Imam Hunaifi, 2024: Analisis karakteristik gaya belajar siswa dalam
pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri
2 Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.
Kata-kata kunci : Karakteristik gaya Belajar, Pembelajaran IPS .
Terjadinya pembelajaran merupakan proses dimana pendidik akan
menerapkan suatu pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang dilakukan disekolah
pada dasarnya memiliki tujuan yang ingin dicapai. Hal ini sangat berkaitan
dengan proses interaksi antara seorang pendidik dan peserta didik. Pada saat
proses pembelajaran di sekolah, seorang guru harus mempunyai keterampilan
dalam menerapkan suatu pembelajaran. Keterampilan mengajar sangat dibutuhkan
seorang guru untuk memberikan informasi pembelajaran yang ingin disampaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik Gaya
Belajar Visual yang dimiliki siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2
Arjasa kabupaten Jember, (2)Karakteristik Gaya belajar audiotori yang dimiliki
siswa pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa kabupaten Jember,
(3)Karakteristik Gaya belajar kinestetik yang dimiliki siswa dalam pembelajaran
IPS di SMP Negeri 2 Arjasa kabupaten jember.
Penggunaan metode penelitian ini yakni menggunakan penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian lapangan, dalam proses mengumpulkan data penulis
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk
analisis data, penulis menggunakan teknik analisis miles Huberman yakni
kondensasi data, penyajian data dan ferivikasi data. Dan untuk keabsahan data
peneliti menggunakan triangulasi Teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Arjasa menunjukkan
bahwa: (1) Siswa yang memiliki gaya belajar visual dalam pelaksaan belajarnya
lebih senang Siswa suka membaca sendiri daripada dibacakan, siswa lebih suka
mendengarkan penjelasan guru,siswa lebih suka membaca daripada menulis. (2)
Siswa yang gaya belajar audiotori dalam pelaksanaan belajarnya Siswa suka
bersenandung kecil. Memiliki suara yang kuat dan jelas dalam membaca. Siswa
suka berdiskusi dengan teman. Siswa suka menulis. Siswa suka belajar sambil
mendengarkan musik.(3) Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik pelaksanaan
belajarnya Siswa lebih senang kegiatan permainan daripada membaca dan
menulis. Siswa tidak suka duduk diam dalam waktu yang lama.Siswa suka
menghafal dengan cara berjalan dan melihat. Siswa suka menggunakan jari
sebagai petunjuk saat membaca. Siswa bergerak dan berjalan-jalan sebelum
mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Unnamed user with email ihunaifi@gmail.com
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:47
Last Modified: 09 Jul 2024 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33354

Actions (login required)

View Item View Item