Implementasi Manajemen Risiko Operasional Dalam Usaha Pupuk Dan Obat Pertanian "Kios Barokah" Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam

Mustafa, Mochammad Widjayakusuma (2024) Implementasi Manajemen Risiko Operasional Dalam Usaha Pupuk Dan Obat Pertanian "Kios Barokah" Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mochammad Widjayakusuma Mustafa_203105020001.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Mochammad Widjayakusuma Mustafa, Nurul Widyawati Islami Rahayu, 2024: Implementasi Manajemen Risiko Operasional Dalam Usaha Pupuk dan Obat Pertanian “Kios Barokah” Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam.

Kata Kunci: Manajemen Risiko Operasional, Kios Barokah, Etika Bisnis Islam.

Dalam Islam manajemen risiko merupakan suatu bentuk perjuangan dalam menjaga amanah dari Allah SWT atas rezeki yang telah diberikan untuk kemaslahatan umat manusia. Keberhasilan umat manusia dalam mengelola risiko bisa mendatangkan kebaikan serta menghindari dari ancaman bahaya yang dapat merugikan, hal ini bisa dilakukan dengan cara menerapkan etika bisnis Islam yang baik pada pengelolaan manajemen risiko operasional.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi manajemen risiko operasional dalam usaha pupuk dan obat pertanian “Kios Barokah”? 2) Bagaimana pengelolaan manajemen risiko operasional dalam usaha pupuk dan obat pertanian “Kios Barokah” berdasarkan perspektif etika bisnis Islam?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis implementasi manajemen risiko operasional pada usaha pupuk dan obat pertanian “Kios Barokah” dalam mengelola risiko operasional. 2) Untuk menganalisis pengelolaan manajemen risiko operasional pada usaha pupuk dan obat pertanian “Kios Barokah” berdasarkan perspektif etika bisnis Islam.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung kepada subjek yang diteliti
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Dalam kegiatan usaha pada Kios Barokah terdapat 4 macam risiko operasional yang dihadapi, yakni risiko internal, risiko sumber daya manusia, risiko sistem dan teknologi, dan risiko eksternal. Dalam menghadapi dan mengantisipasi risiko operasional Kios Barokah menggunakan 3 (tiga) tahapan manajemen risiko yakni identifikasi risiko, evaluasi dan pengukuran risiko, dan pengelolaan risiko. 2) Pengelolaan manajemen risiko pada Kios Barokah selaras dengan etika bisnis Islam. Terdapat 4 (empat) prinsip etika bisnis Islam yang dijalani oleh Kios Barokah dalam menjalankan usaha dan mengelola risiko operasional yang dialami, yakni etika kesatuan (tauhid), etika keseimbangan, etika kehendak bebas, dan etika tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mochammad Widjayakusuma Mustafa
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:54
Last Modified: 20 Jun 2024 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33445

Actions (login required)

View Item View Item