Self Compassion Pada Pasangan Suami Istri Yang Belum Memiliki Keturunan di Desa Sukorejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan

Silvia Nur, Lailiyatul Mawaddah (2024) Self Compassion Pada Pasangan Suami Istri Yang Belum Memiliki Keturunan di Desa Sukorejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Silvia Nur Lailiyatul Mawaddah - D20173010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Self Compassion, pasangan yang belum memiliki keturunan.
Self Compassion adalah sikap yang memiliki perhatian terhadap diri sendiri saat menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup bahwa penderitaan dan kekurangan dalam dirinya merupakan bagian dari kehidupan setiap orang. Pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan memiliki self compassion yang bisa menerima dirinya dan menerima atas takdir Allah SWT.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran kehidupan self compassion pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Sukorejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan? 2) Bagaimana dampak positive self compassion pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Sukorejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan dan mendeskripsikan gambaran kehidupan self compassion pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Sukorejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. 2) Untuk menjelaskan dan mendeskripsikan dampak positive self compassion pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Sukorejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan.
Mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Gambaran kehidupan self compassion pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Sukorejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan, saling memberi support satu sama lain, tetap berusaha dan berdo’a serta berprasangka baik kepada Allah SWT, dengan bisa menyadari kekurangan diri sendiri dan pasangannya, serta ikhlas menerima takdir yang belum diberikan keturunan dalam pernikahannya. Untuk usia pernikahan yang sudah diatas 10 tahun, maka sudah menyadari bahwa setiap manusia pasti mempunyai kekurangan, dan hal seperti ini juga dirasakan oleh beberapa pasangan suami istri yang lain. 2) Dampak positif self compassion pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Sukorejo Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan adalah memiliki sikap penerimaan diri, kesadaran diri, mampu mengontrol emosi dengan baik dan keyakinan dalam beragama yang tinggi, meyakini bahwa takdir Allah itu memang rahasia dan manusia hanya bisa berusaha kemudian pasrah terhadap Nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Silvia Nur Lailiyatul Mawaddah
Date Deposited: 21 Jun 2024 08:23
Last Modified: 21 Jun 2024 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33607

Actions (login required)

View Item View Item