Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Sains - Islam Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII Di MTs Mabdaul Ma'arif

Rahayu, Retno Puji (2024) Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Sains - Islam Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII Di MTs Mabdaul Ma'arif. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-002-IPA-2024)
RETNO PUJI RAHAYU 202101100033 IPA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Cahaya dan Alat Optik, Integrasi Sains – Islam, Modul IPA
Penelitian ini mengembangkan suatu produk berupa modul IPA. Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis. Produk modul IPA dalam penelitian ini berisi integrasi sains – islam dengan memadukan ayat-ayat Al-Qur’an dengan materi IPA. Modul IPA berbasis integrasi sains – islam dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajran sehingga mampu meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang intelektual dan spiritual agamanya.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan hasil validasi modul IPA berbasis integrasi sains – islam pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII SMP/MTs, 2) untuk mendeskripsikan tanggapan/respons peserta didik terhadap modul IPA berbasis integrasi sains – islam pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII SMP/MTs.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan PPE (Planning, Production, Evaluation) yang dikemukakan oleh Richey dan Klein. Subjek dari penelitian dan pengembangan ini terdiri dari validator ahli dan peserta didik. validator ahli mecakup validator ahli materi, ahli media, ahli Al-Qur’an dan Tafsir, dan ahli praktisi. Uji respons peserta didik dilakukan dengan uji respons skala kecil yang melibatkan 7 orang peserta didik dan uji respons skala besar yang melibatkan 38 peserta didik.
Hasil penelitian dan pengembangan ini mendapatkan persentase dari beberapa ahli validator yaitu: ahli materi memperoleh nilai sebesar 92% dengan kategori “sangat valid”, ahli media memperoleh nilai sebesar 92% dengan kategori “sangat valid”, ahli Al-Qur’an dan tafsir memperoleh nilai sebesar 94% dengan kategori “sangat valid, dan ahli praktisi memperoleh nilai sebesar 84% dengan kategori “cukup valid”. Hasil uji respons peserta didik skala kecil memperoleh nilai sebesar 85% dengan kategori “sangat menarik”, dan uji respons skala besar memperoleh nilai sebsar 87% dengan kategori “sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis integrasi sains – islam dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0205 Optical Physics > 020599 Optical Physics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Retno Puji Rahayu
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:22
Last Modified: 04 Jul 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33867

Actions (login required)

View Item View Item