Hakim, Lukmanul (2024) Analisis Penggunaan Aplikasi Shopee Sebagai E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Kpi Uin Khas Jember Angkatan 2020. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-35-KPI-2024)
Lukmanul Hakim-205103010016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Aplikasi shopee muncul sebagai e-commerce yang paling banyak digunakan di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Tawaran diskon dan berbagai fitur disediakan pada aplikasi shopee, sehingga membuatnya tidak kalah saing dengan e-commerce lainnya. Hal ini menyebabkan belanja online di aplikasi shopee semakin banyak diminati oleh banyak kalangan. Tetapi banyak sekali dari mereka berbelanja online di aplikasi ini bukan lagi karena kebutuhan, tetapi karena ingin memuaskan keinginan dan hanya self reward semata. Akibatnya banyak sekali pengguna media tersebut terjerumus kepada perilaku konsumtif.
Dari uraian di atas maka fokus penelitian ini terbagi menjadi tiga. 1) Seberapa sering penggunaan e-commerce shopee pada kalangan mahasiswa prodi KPI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember angkatan 2020? 2) Apakah mahasiswa puas dalam menggunakan e-commerce shopee? 3) Mengapa aplikasi shopee bisa mendorong mahasiswa berperilaku konsumtif? Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui seberapa sering penggunaan e-commerce shopee pada kalangan mahasiswa prodi KPI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember angkatan 2020. 2) Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam menggunakan e-commerce shopee? 3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong mahasiswa berperilaku konsumtif ketika menggunakan aplikasi shopee?
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratifications
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa; penggunaan e-commerce shopee dapat dikatakan sering, dengan melakukan transaksi 3-11 kali dalam sebulan. tingkat kepuasan penggunaan aplikasi shopee pada kalangan mahasiswa dapat dikatakan puas yang disebabkan fitur yang ditawarkan. Ada dua faktor yang mendorong mereka berperilaku konsumtif, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal merupakan faktor yang memiliki dampak signifikan dalam perilaku konsumtif.
Kata Kunci: Aplikasi Shopee, E-Commerce, Perilaku Konsumtif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | perpustakaan Lukmanul Hakim |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 01:41 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34074 |
Actions (login required)
View Item |