Strategi Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karakter peserta Didik Di Madrasah Diniah Muadalah Tsanawiyah Nurul Qarnain Sukowono Jember

Ainur, Rofiq (2024) Strategi Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karakter peserta Didik Di Madrasah Diniah Muadalah Tsanawiyah Nurul Qarnain Sukowono Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AINUR ROFIQ-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Rofiq, Ainur, 2023. Strategi Kepala Madrasah dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Madrasah Diniyah Muadalah Tsanawiyah Nurul Qarnain Sukowono Jember. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Agama Islam Negeri Kiai Ahmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. Erma Fatmawati, S.Ag, M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Lailatul Usriyah, M. Pd.I.

Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Karakter Peserta Didik

Strategi Kepala Madrasah bisa diasumsikan sebagai seorang pemimpin/ketua Lembaga yang mempunyai rencana yang cermat untuk memajukan Lembaga yang dipimpinya untuk mencapai sasaran khusus atau tujuan-tujuan tertentu. Sedangkan Karakter adalah cara berfikir berprilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat bangsa, maupun Negara.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana strategi kepala madrasah dalam membentuk karakter religius peserta didik di Madrasah Diniyah Muadalah Tsanawiyah Nurul Qarnain Sukowono Jember? 2). Bagaimana strategi kepala madrasah dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di Madrasah Diniyah Muadalah Tsanawiyah Nurul Qarnain Sukowono Jember? 3). Bagaimana strategi kepala madrasah dalam membentuk karakter mandiri peserta didik di Madrasah Diniyah Muadalah Tsanawiyah Nurul Qarnain Sukowono Jember?. Tujuan dalam penelitian ini untuk Mendeskripsikan Bagaimana strategi kepala madrasah dalam membentuk karakter religius, disiplin, mandiri peserta didik di Madrasah Diniyah Muadalah Tsanawiyah Nurul Qarnain Sukowono Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 1) strategi kepala Madrasah dalam membentuk karakter religius peserta didik dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang arti dari naẓam aqidah al-awām, memberikan nasihat, dan mejalankan kehidupan sesuai ajaran Islam; 2) ) strategi kepala Madrasah dalam membentuk karakter disiplin peserta didik dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang kewajiban manusia untuk beribadah, memberikan nasihat dan teladan, serta melaksanakan salat ḍuhā dan ẓuhur berjamaah, doa bersama sebelum dan sesudah pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti BM (Bahtsul Masail); 3) Strategi kepala Madrasah dalam membentuk karakter mandiri peserta didik dilakukan dengan membaca kitab di depan Namun, pengembangan karakter mandiri belum terbentuk seutuhnya karena peserta didik melaksanakannya bukan karena kemauan sendiri tapi karena terdapat reward and punishment.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan Ainur Rofiq
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:22
Last Modified: 26 Jun 2024 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34186

Actions (login required)

View Item View Item