Pengaruh Mental Budgeting Dan Pendapatan Terhadap Management Of Household Finance Di Desa Kaliboto Kidul Kabupaten Lumajang

Ikmilala, Izzatul Mufardisa (2023) Pengaruh Mental Budgeting Dan Pendapatan Terhadap Management Of Household Finance Di Desa Kaliboto Kidul Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kh. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-049-AKSYA-2024)
IZZATUL MUFARDISA IKMILALA_201105030003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Izzatul Mufardisa Ikmilala, Dr. Nur Ika Mauliyah, M.Ak., 2024: Pengaruh Mental Budgeting dan Pendapatan Terhadap Management of Household Finance di Desa Kaliboto Kidul Lumajang.

Dengan berkembangnya perekonomian Indonesia yang semakin maju maka upaya pengelolaan keuangan juga perlu untuk diperhatikan guna mencapai adanya kesejahteraan dalam keluarga. Peningkatan pengeluaran rumah tangga tersebut akan tidak stabil apabila tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan rumah tangga yang baik. Desa Kaliboto Kidul merupakan desa yang mayoritas masyarakatnya berpenghasilan rendah. Masyarakat berpenghasilan rendah cenderung lebih sulit mengelola keuangannya karena minimnya pendapatan yang mereka dapatkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah faktor mental budgeting berpengaruh terhadap management of household finance di Desa Kaliboto Kidul Kabupaten Lumajang, 2) Apakah faktor pendapatan berpengaruh terhadap management of household finance di Desa Kaliboto Kidul Kabupaten Lumajang, 3) Apakah faktor mental budgeting dan pendapatan berpengaruh terhadap management of household finance di Desa Kaliboto Kidul Kabupaten Lumajang.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisa pengaruh mental budgeting terhadap management of household finance di Desa Kaliboto Kidul Kabupaten Lumajang, 2) Untuk menganalisa pengaruh pendapatan terhadap management of household finance di Desa Kaliboto Kidul Kabupaten Lumajang, 3) Untuk menganalisa pengaruh mental budgeting dan pendapatan secara simultan terhadap management of household finance di Desa Kaliboto Kidul Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desa Kaliboto Kidul Lumajang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling kemudian menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan regresi linier berganda menggunakan SPSS 22.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Mental budgeting berpengaruh secara signifikan terhadap management of household finance, 2) Pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap management of household finance, 3) Mental budgeting dan pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap management of household finance.

Kata Kunci: Mental Budgeting, Pendapatan, Management Of Household Finance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Izzatul Mufardisa Ikmilala
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:57
Last Modified: 10 Jul 2024 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34224

Actions (login required)

View Item View Item