Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Penumbuhan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Sayyidul Quro Silo Jember

Azmiy, Muhammad Ulul (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Penumbuhan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Sayyidul Quro Silo Jember. Masters thesis, UIN KHAS KIYAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESIS MUHAMMAD ULUL AZMIY WM_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi dan keaktifan belajar siswa merupakan indikator penting dari keterlibatan dan pemahaman materi pelajaran. Metode pembelajaran tutor sebaya dapat mendorong partisipasi aktif siswa dengan menciptakan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif dan mendukung. Melalui penelitian ini, kita dapat menilai sejauh mana metode ini efektif dalam menumbuhkan motivasi dan keaktifan siswa, yang kemudian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Fokus Penelitian 1) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya dalam penumbuhan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Sayyidul Quro Silo Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya dalam penumbuhan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Sayyidul Quro Silo Jember?
Adapun Tujuannya 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya dalam penumbuhan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Sayyidul Quro Silo Jember. 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya dalam penumbuhan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Sayyidul Quro Silo Jember.
Pendekatan Penelitian Kualitatif dengan Jenis Studi Kasus. Teknik Pengumpulan Data melalui Observasi Partisipasi Pasif, Wawancara Semi Tersrtuktur, dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data berupa Kondensasi data (Data condensation), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/Verivication (kesimpulan dan verivikasi). Teknik Keabsahan data berupa Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik, dan Membercheck
Hasil Penelitian diperoleh: 1) Implementasi metode tutor sebaya dilakukan dengan langkah-langkah terstruktur. Proses ini dimulai dengan (1) pemilihan tutor (2) Pelatihan tutor (3) Perumusan tujuan pembelajaran. (4) Pembagian Kelompok (5) Proses pengajaran melibatkan tutor yang menjelaskan materi, menjawab pertanyaan, dan diskusi (6) Guru melakukan pemantauan dan evaluasi. Metode ini berhasil menumbuhkan motivasi belajar siswa, siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan terdorong untuk memahami materi dengan lebih baik. 2) Pelaksanaan Metode tutor sebaya memiliki dampak signifikan dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Metode tutor sebaya mampu menjadikan siswa lebih antusias dalam diskusi kelompok, saling membantu menjelaskan konsep atau materi yang belum dipahami, dan bertukar pikiran untuk meningkatkan pemahaman bersama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azmiy Muhammad Ulul Muhammad Ulul Azmiy
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:34
Last Modified: 27 Jun 2024 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34392

Actions (login required)

View Item View Item