Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo

Arifin, Ubaydillah (2024) Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
UBAYDILLAH ARIFIN_203206010033_TESIS.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Arifin, Ubaydillah, 2024. Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN KHAS Jember.
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Kepala Madrasah, Kinerja Guru.
Menjadi tenaga pendidik yang profesional tidak akan terwujud begitu saja tanpa adanya upaya untuk meningkatkannya, hal ini membutuhkan dukungan dari pihak-pihak yang mempunyai peran penting dalam hal ini adalah kepala madrasah, karena kepala madrasah berhubungan langsung dengan pelaksanaan program pendidikan di madrasah. Ketercapaian dan terwujudnya guru yang profesional sangat bergantung pada kecakapan/kemampuan kompetensi kepala madrasah.
Fokus penelitian ini : 1) Bagaimana kepala madrasah merencanakan program dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo?; 2) Bagaimana kepala madrasah melaksanakan program dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo?; 3) Bagaimana kepala madrasah mengevaluasi prograam dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo?. Tujuan penelitian ini : 1) untuk mendeskripsikan kepala madrasah dalam merencanakan program dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo; 2) Untuk mendeskripsikan kepala madrasah dalam melaksanakan program dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo; 3) Untuk mendeskripsikan kepala madrasah dalam mengevaluasi program dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana manusia adalah sebagai sumber data utama dan hasil penelitiannya berupa kata-kata atau pernyataan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya (alamiah). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Milles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian ini didapatkan temuan yakni kepala MA Al-Arifin dalam hal ini telah merencanakan program untuk meningkatkan kinerja guru dengan menerapkan fungsi manajemen yaitu kegiatan-kegiatan: Perencanaan (planning), Penganggaran (budgeting), Pemrograman (programming), Pengambilan keputusan (decision making), dan peramalan (forecasting). Program yang telah dilaksanakan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di MA Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo yaitu pemberdayaan tenaga pendidik dengan menfasilitasi guru untuk mengikuti workshop yang diinisiasi oleh kepala madrasah, mengikuti bimbingan teknik, memaksimalkan platform merdeka mengajar, dan program supervisi lain yang kontinyu dilakukan. Kepala madrasah mengevaluasi program yang telah direncanakan dan dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja guru di MA Al-Arifin Legundi Bantaran Probolinggo yaitu dengan melakukan supervisi pada seluruh kegiatan madrasah untuk mengetahui seberapa sukses program yang telah direncanakan dan dilaksanakan itu berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: mr ubaydillah arifin
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:26
Last Modified: 27 Jun 2024 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34515

Actions (login required)

View Item View Item