Pembelajaran Kitab Kuning Pada Program Akselerasi di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi

Maulidi, Irfan (2024) Pembelajaran Kitab Kuning Pada Program Akselerasi di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (TS-015-PAI-2024)
TESIS_IRFAN MAULID_223206030009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Maulidi, Irfan, 2024. Pembelajaran Kitab Kuning Pada Program Akselerasi Di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. ST. Mislikhah, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Matkur, S.Pd.I, M.SI.
Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Kuning, Akselerasi, Madrasah Diniyyah.
Pembelajaran kitab kuning dikalangan masyarakat sudah tidak menjadi asing, karena banyak masyarakat yang sudah memondokkan anaknya di lembaga pesantren agar bisa mempelajari pembelajaran kitab kuning. Di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al Amiriyyah adalah Madrasah Diniyyah yang menerapkan pembelajaran kitab kuning pada program akselerasi. Pada program akselerasi ini siswa bisa naik kelas dengan waktu yang singkat. Program akselerasi ini adalah salah satu cara dimana siswa agar mampu membaca dan memahami kitab kuning dengan tepat dan cepat, dengan adanya program akselerasi siswa di bina melalui Ihfadz yaitu metode baca kitab dengan cepat dan benar.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana materi pembelajaran kitab kuning pada program akselerasi di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi? (2) Bagaimana metode pembelajaran kitab kuning pada program akselerasi di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab kuning pada program akselerasi di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi?.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri 3 langkah: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, pengumpulan data dan waktu.
Hasil temuan pada penelitian menunjukan bahwa: (1) Materi pembelajaran terbagi menjadi 2 materi yaitu pertama materi buku panduan ihfadz jilid 2. Buku panduan ihfadz yang berisi kata kunci dasar yang dilengkapi terjemah. Materi yang kedua adalah kitab kuning taqrib, kitab yang dikarang oleh abu syuja, siswa membaca kitab sesuai bab yang ditentukan oleh guru kemudian siswa membacanya dengan qoidah yang sudah diterapkan di dalam buku panduan ihfadz (2) Metode yang diterapkan menggunakan metode ihfadz meliputi hafalan, tikror atau mengulang materi, lalaran dan baca kitab. Pada metode ihfadz siswa di tuntut melatih secara mandiri dengan tujuan memudahkan siswa dalam membaca kitab dengan cepat dan benar (3) Evaluasi pembelajaran kitab kuning menggunakan evaluasi proses dan evaluasi hasil. Adapun evaluasi proses meliputi evaluasi harian dan mingguan, sedangkan evaluasi hasil meliputi evaluasi bulanan dan tahunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irfan Maulidi
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:36
Last Modified: 30 Aug 2024 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34568

Actions (login required)

View Item View Item