Manajemen Kurikulum Berbasis Kitab Kuning Di Ma'had Aly Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi

Pratama, Ahmad Shodiq (2024) Manajemen Kurikulum Berbasis Kitab Kuning Di Ma'had Aly Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Masters thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AHMAD SHODIQ PRATAMA watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ma’had Aly Darussalam Blokagung merupakan salah satu Ma’had Aly yang cukup berhasil dalam mengelola kurikulum berbasis kitab kuning, hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang menjadi tokoh agama di masyarakat dan banyak prestasi telah diraih. Kurikulum Ma’had Aly Darussalam berfokus pada pelestarian tradisi pesantren dan inovasi metodologi pendidikan untuk menghasilkan ulama berkualitas.
Fokus dalam penelitian ini 1) Bagaimana perencanaan kurikulum berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Pondok Pesantren Darussalam, 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Pondok Pesantren Darussalam, 3) Bagaimana evaluasi kurikulum berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Pondok Pesantren Darussalam. Tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti ialah 1) Mendeskripsikan perencanaan kurikulum berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Pondok Pesantren Darussalam, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Pondok Pesantren Darussalam, 3) Mendeskripsikan evaluasi kurikulum berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Pondok Pesantren Darussalam.
Pendekatan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verivikasi kesimpulan, kemudian data diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi sumber data, triangulasi metode, triangulasi teori, diskusi dengan teman sejawat dan mengadakan member chek.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1). Perencanaan kurikulum berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Darussalam meliputi perencaan visi, misi dan tujuan, isi kurikulum, bahan ajar atau sumber pembelajaran, metode dan model pembelajaran, dan evaluasi. 2). Pelaksanaan kurikulum di Ma’had Aly Darussalam meliputi pelaksanaan isi pembelajaran, metode dan model pembelajaran. 3). Evaluasi kurikulum di Ma’had Aly Darusslam terdiri dari evaluasi bulanan dan tahunan yang mencakup beberapa poin; evaluasi pembelajaran, evaluasi mahasantri, evaluasi terhadap seleksi mahasantri baru, evaluasi peningkatan kualitas model pembelajaran tasawuf dan tarekat, dan evaluasi pelayanan dan SDM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pratama Ahmad Shodiq Ahmad Shodiq Pratama
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:29
Last Modified: 28 Jun 2024 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34595

Actions (login required)

View Item View Item