Analisis Segmentation, Targeting Dan Positioning Dalam Pemasaran Jamur Tiram Pada Mekar Sari Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi

Moh. Baderul, Munir (2024) Analisis Segmentation, Targeting Dan Positioning Dalam Pemasaran Jamur Tiram Pada Mekar Sari Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Baderul Munir_204105020100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Moh. Baderul Munir, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. 2024: Analisis Segmentation, Targeting, Dan Positioning Dalam Pemasaran Jamur Tiram Pada Mekar Sari Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi
Kata kunci: Segmentation, Targeting, Positioning (STP)
Strategi pemasaran memiliki peran yang krusial dalam mencapai sebuah kesuksesan usaha yang tujuannya untuk merealisasikan tujuan usaha, semua usaha dituntut untuk mampu merumuskan dalam merumuskan strategi yang efektif bagi usahanya.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana Segmentation pada usaha jamur tiram Mekar Sari desa Barurejo kecamatan Siliragung kabupaten Banyuwangi? 2) bagaimana Targeting pada usaha jamur tiram Mekar Sari desa Barurejo kecamatan Siliragung kabupaten Banyuwangi? 3) bagaimana Positioning pada usaha jamur tiram Mekar Sari desa Barurejo kecamatan Silragung kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengekplorasi Segmentation pada usaha jamur tiram Mekar Sari desa Barurejo kecamatan Siliragung kabupaten Banyuwangi. 2) untuk mengeksplorasi Targeting pada usaha jamur tiram Mekar Sari desa Barurejo kecamatan Siliragung kabupaten Banyuwangi. 3) untuk mengeksplorasi Positioning pada usaha jamur tiram Mekar Sari desa Barurejo kecamatan Siliragung kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Mekar Sari desa Barurejo kecamatan Siliragung kabupaten Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi data. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Segmentasi pada Mekar Sari yaitu : 1) segmentasi demografis: a) Usia, b) Pendapatan, c) Gender; 2) Segmentasi psikografis: a) Gaya hidup, b) Karakteristik kepribadian; 3) Segmentasi pengambilan keputusan: a) Pilihan individu atau kelompok b) Pembelian keterlibatan tinggi atau rendah c) Sikap dan pengetahun kelas produk d) Sensitivitas harga. 2. Targeting pada usaha Mekar Sari: 1) ukuran dan potensi pertumbuhan segmen, 2) karaktersitik structural segmen, 3) kesesuaian antara produk dan pasar. Positioning pada Mekar Sari: 1) benefit Positioning, 2) competitor positioning, 3) quality or price positioning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Baderul Munir
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:02
Last Modified: 01 Jul 2024 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34643

Actions (login required)

View Item View Item