Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024

Muhammad, Abqoriy (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Abqoriy Sidang Tesis 2024-1 (3).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Abqoriy, Muhammad. 2024. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning
Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di
MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran
2023/2024. Pembimbing I: Dr. Andi Suhardi, M.Pd. Pembimbing II: Dr.
Moh. Sahlan, M.Ag.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar, Akidah
Akhlak,
Model pembelajaran konvensional masih sering digunakan di semua jenjang
pendidikan khususnya pada pembelajaran akidah akhlak. Guru sering
menggunakan model pembelajaran ini karena lebih mudah dan praktis diterapkan.
Namun, siswa cenderung bosan dengan kurangnya variasi dalam model
pembelajaran. Apalagi yang dibelajarkan adalah materi tentang akidah akhlak
yang erat kaitannya dengan narasi/cerita, peristiwa, hikmah, dan sebagainya.
Oleh karenanya, dibutuhkan kreatifitas guru dalam mengolah suasana
pembelajaran dengan menyesuaikan model pembelajaran dengan gaya belajar
siswa. Model Problem Based Learning dapat digunakan sebagai alternatif untuk
mengatasi permasalahan tersebut.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menguji pengaruh
penerapan model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar mata
pelajaran akidah akhlak di MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun
pelajaran 2023/2024, 2) untuk menguji pengaruh penerapan model Problem Based
Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhak di MTs Wahid
Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2023/2024, dan 3) untuk
menguji pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap motivasi
dan hasil belajar secara bersama-sama pada mata pelajaran akidah akhak di MTs
Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas
VII yang berjumlah 91 siswa. Sedangkan dalam penentuan sampel yang
digunakan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas kontrol yaitu kelas VII B
berjumlah 30 siswa dan kelas eksperimen yaitu kelas VII C yang berjumlah 30
siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan tes. Analisis
data dalam penelitian ini terdiri dari 2 yaitu uji prasyarat analisis dan uji hipotesis
menggunakan uji multivariat analysis of variance (MANOVA).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan
dalam penerapan model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa,
(2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Problem Based
Learning terhadap hasil belajar siswa, (3) terdapat pengaruh yang signifikan
dalam penerapan model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Wahid Hasyim Kunir
Kabupaten Lumajang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Abqoriy
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:44
Last Modified: 01 Jul 2024 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34975

Actions (login required)

View Item View Item