Ayu, Putri Kusumaning (2024) Korelasi Adversity Quotient dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-114-TADRIS-BIO-2024)
SKRIPSI PUTRI KUSUMANING AYU WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Korelasi, Adversity Quotient, Kepercayaan Diri
Kondisi dan kesiapan siswa yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal (luar) dan faktor internal (dalam). Faktor eksternal meliputi keluarga, teman, ekonomi, dan masyarakat. Sedangkan faktor internal meliputi minat, bakat, percaya diri, motivasi, daya juang, gaya belajar dan kesehatan siswa. Manusia memiliki tingkat kecerdasannya masing-masing dan keberhasilan tiap individu menyelesaikan kesulitan suatu permasalahan tergantung bagaimana sikap dan usahanya dalam melewati tantangan. Begitu juga dengan kepercayaan diri siswa, rasa percaya diri yang kurang kuat akan menjadikan siswa memiliki rasa minder, overthinking dan memiliki ketakutan yang berlebih.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan adversity quotient, kepercayaan diri, dan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember. 2) Untuk menganalisis korelasi adversity quotient dengan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember. 3) Untuk menganalisis korelasi kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember. 4) Untuk menganalisis korelasi adversity quotient dan kepercayaan diri siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket adversity wuotient dan kepercayaan diri serta analisis data menggunakan Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil angket adversity quotient siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember tergolong tinggi dengan persentase 85%, angket kepercayaan diri dikategorikan sedang dengan persentase 86%, hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember tergolong sangat tinggi dengan persentase 97%. 2) Terdapat adanya hubungan yang signifikan dan positif dengan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel adversity quotient dengan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 4) Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel adversity quotient dan kepercayaan diri secara bersama dengan hasil belajar dengan tingkat korelasi cukup, dibuktikan perolehan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dimana kedua nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Miss Putri Kusumaning Ayu |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:29 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35073 |
Actions (login required)
View Item |