Masliha, Nur (2024) Strategi Pemasaran Pada Produksi Usaha Tahu UD Amanah di Desa Sumberjati Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK-060-ES-2024)
NUR MASLIHA_NIM 205105020001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Strategi pemasaran merupakan rencana atau pendekatan yang dirancang
oleh perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan mereka
kepada pelanggan, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan
dijalankan untuk tercapainya tujuan pemasaran pada suatu perusahaa. Adapun
fokus penelitian dari skripsi ini adalah membahas tentang : 1) Bagaimana strategi
pemasaran yang digunakan pada produksi usaha tahu di Desa Sumberjati
Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2) Apa faktor-faktor kendala yang
mempengaruhi produksi tahu di Desa Sumberjati Kecamatan Silo Kabupaten
Jember? Untuk tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui strategi
pemasaran yang digunakan pada produksi usaha tahu di Desa Sumberjati
Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahu faktor-faktor kendala
yang mempengaruhi produksi tahu di Desa Sumberjati Kecamatan Silo Kabupaten
Jember. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian in dilakukan di Desa Sumberjati
Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Penentuan subyek sebagai informan
menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data ini menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan sumber informasi.
Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1) Bauran pemasaran (marketing mix) 4P yang
terdiri dari: a) Strategi Produk yaitu dengan memproduksi produk yang
berkualitas dan menjaga aspek-aspek kebersihan dalam memproduksi tahu agar
konsumen tetap percaya pada pabrik. b) Strategi harga yaitu untuk harga yang
ditawarkan cukup terjangkau dikalangan masyarakat dengan Rp.25.000 perkotak
atau percetakan. c) strategi tempat atau distribusi yaitu dengan cara mengatarkan
langsung tahu ke pelanggan ada juga dengan datang langsung ke pabrik dan
tempat yang menjadi olahan pembuatan tahu cukup strategis. d) strategi promosi
yaitu dengan melakukan pendekatan langsung dengan masyarakat dari mulut ke
mulut, whatsapp, facebook, dan membuat spanduk didepan pabrik. 2) faktor
kendala dalam produksi yaitu : a) kenaikan harga bahan baku, b) ketidakstabilan
tenaga listrik, c) kurangnya tenaga kerja.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, (Marketing Mix) 4P, Produksi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ms Nur Masliha |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:26 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35267 |
Actions (login required)
View Item |