Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Terintegrasi Islamic, Science, Environment, Technology, and Society (I-SETS) Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas IV di SD NU 16 Rowotengah Sumberbaru Jember

Wahyudi, Eko (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Terintegrasi Islamic, Science, Environment, Technology, and Society (I-SETS) Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas IV di SD NU 16 Rowotengah Sumberbaru Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
1. Proposal Tesis_Eko Wahyudi_watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK

Eko Wahyudi, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Terintegrasi Islamic, Science, Environment, Technology, and Society (I-SETS) Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas IV di SD NU 16 Rowotengah Sumberbaru Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. Umi Farihah. M.M., M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Khotibul Umam, MA
Kata Kunci: Video Animasi, Terintegrasi I-SETS, Literasi Sains.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains pada siswa dengan menggunakan video animasi terintegrasi I-SETS Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan, yang dapat menjadi alat bantu dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana validitas video animasi terintegrasi I-SETS pada materi perkembangbiakan tumbuhan untuk meningkatkan literasi sains siswa Kelas IV di SD NU 16 Rowotengah (2) Bagaimana kepraktisan video animasi terintegrasi I-SETS pada materi perkembangbiakan tumbuhan untuk meningkatkan literasi sains Siswa Kelas IV di SD NU 16 Rowotengah (3) Bagaimana Efektivitas Video Animasi Terintegrasi I-SETS pada materi perkembangbiakan tumbuhan untuk meningkatkan literasi sains siswa Kelas IV di SD NU 16 Rowotengah.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu Model Lee & Owens. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian dibagi menjadi dua yakni data kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD NU 16 Rowotengah yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan desain Design One-Group Pretest-Posttest, Uji Normalitas, Uji T, Uji Wilcoxon, dan Uji N-Gain.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) Pada kevalidan memperoleh nilai rata-rata persentase ahli materi sebesar 94% yang dikategorikan “sangat valid”, untuk ahli Bahasa memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 98% yang dikategorikan “sangat valid”. dan untuk ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80% yang dikategorikan “Valid”. 2) Kepraktisan diperoleh nilai rata-rata persentase untuk respon siswa skala kecil diperoleh skor sebesar 81,4% yang dikategorikan “sangat praktis”, sedangkan respon siswa skala besar diperoleh skor sebesar 90,4%yang dikategorikan “sangat praktis” dan untuk respon guru diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 98% yang dikategorikan “sangat praktis”. 3) Keefektifan diperoleh dari uji Wilcoxon dengan Sig. 0,000 dimana < 0.05 yang dapat dikatakan terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi Terintegrasi I-SETS menggunakan Canva pada materi Perkembangbiakan Tumbuhan. sedangkan untuk uji N-Gain diperoleh skor rata-rata 0,7813 yang dikategorikan “tinggi”. Berdasarkan ketiga hasil tersebut maka Pengembangan Video Animasi Terintegrasi I-SETS Menggunakan Canva pada materi Perkembangbiakan Tumbuhan untuk Siswa Kelas di IV SD NU 16 Rowotengah dapat dikatakan layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0503 Soil Sciences > 050301 Carbon Sequestration Science
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eko Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:20
Last Modified: 02 Jul 2024 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35273

Actions (login required)

View Item View Item