Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo Jember

Nur Afifah, Amelia (2024) Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-049-MPI-2024)
SKRIPSI AMELIA WATERMAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (49MB)

Abstract

Kata kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kegiatan Ekstrakurikuler, Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo Jember.
Proses pendidikan ideal tak hanya mempersiapkan generasi bangsa mampu hidup hari ini, tapi mereka juga dibekali untuk hidup di masa depan, apalagi tantangan di era global semakin kompleks. Kepala sekolah harus berusaha mengelola semua potensi peserta didik dengan cara mengencangkan potensi, bakat, minat, dan kebutuhan serta keunikan local dilingkungannya. Dengan kegiatan ekstrakurikuler diharapkan dapat memenuhi bakat dan minat serta pencarian jati diri peserta didik untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman. Sekolah Menengah Atas Al-Falah meng upgrade kegiatan ekstrakurikuler mengikuti perkembangan yang ada sesuai dengan visi misi sekolah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana formulasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo? 2) Bagaimana implementasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo? 3) Bagaimana pengendalian strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi strategi, implementasi strategi, dan pengendalian strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dengan Kondensasi data, Penyajian data, dan Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Adapun hasil penelitian ini antara lain:1) Formulasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo yaitu dengan cara membentuk kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan visi dan misi. Kepala sekolah menganalisis SWOT untuk menemukan kelebihan, peluang, tantangan, dan kelemahan. 2) Implementasi strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo yaitu membentuk struktur kegiatan ekstrakurikuler dimana Budi Hartono sebagai penanggungjawab dan Sulfa sebagai koordinator. Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan pada hari kamis jam 07.00-09.00, dan kepala sekolah tidak menggunakan hak veto yang diberikan oleh pengasuh, beliau selalu melibatkan penanggungjawab, koordinator, dan Pembina dalam memberikan keputusan. 3) Pengendalian strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo yaitu menetapkan standar, kemudian mengevaluasi prestasi terhadap standar yang ditentukan, kemudian membandingkan, dan kepala sekolah mengambil tindakan korektif dengan cara mengadakan rapat dua kali dalam sebulan, yang pertama dengan semua waka, dan yang kedua dengan semua guru dan staf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amelia Nur Afifah
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:07
Last Modified: 09 Jul 2024 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35478

Actions (login required)

View Item View Item