Analisis strategi segmenting, targeting dan positioning Aplikasi BBS Mobile dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar KCM Jember.

Azizah, Nafiatul (2024) Analisis strategi segmenting, targeting dan positioning Aplikasi BBS Mobile dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar KCM Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-068-PS-2024)
Nafiatul Azizah_E20171120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Katakunci:StrategiSegmenting,TargetingdanPositioning(STP)

Strategi pemasaran merupakan salah satu ujung tombak dari sebuah perusahaan, strategi pemasaran penting bagi setiap perusahaan terutama bagi para pemula. Tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya. Makna yang terkandung daristrategi ini adalah bahwa para manajer memainkan peran yang aktif, sadar danrasional dalam merumuskan strategi organisasi.
Fokus penelitian tersebut adalah 1).Bagaimana implementasi strategi segmenting, aplikasi BBS Mobile dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar KCM Jember? 2).Bagaimana implementasi strategi targetingaplikasiBBSMobiledalammeningkatkanjumlahnasabahpadaBPRS BhaktiSumekar KCMJember?3).Bagaimana implementasistrategipositioning aplikasi BBS Mobile dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar KCM Jember?
Tujuanpenelitian iniadalah1).Untuk mengetahui implementasistrategi segmenting, aplikasi BBS Mobile dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar KCM Jember. 2). Untuk mengetahui implementasi strategi targeting aplikasi BBS Mobile dalam meningkatkan jumlah nasabah padaBPRSBhaktiSumekarKCMJember.3).Untukmengetahuiimplementasi strategi positioning aplikasi BBS Mobile dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar KCM Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan oberservasi,wawancara,dan dokumentasi.Sedangkananalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptif, untuk mengujidata keabsahandatapeneliti menggunakantrianggulasisumber. Hasilpenelitaindalampenelitianiniadalahadalahsebagaiberikut:1).BPRS Bhakti Sumekar dalam membagi segmentasi pasarnya mengelompokkanmenjadiduakelompokyaitusegmentasigeografisdan demografis.UntuksegmentasigeografisBPRSBhaktiSumekarmembagisegmentasipasarnyamenjadibeberapawilayahyaituJemberKota,Ajung,Tegal Besar,Kaliwates,danPatrangsajasehinggatidaksampailuarKabupatenJember.Untuksegmentasiberdasarkandemografisyaituberdasarkanjenis kelaminnya,halini dikarenakankebutuhannasabahlaki-laki danperempuan berbeda. 2). Dalam strategi targeting ada tiga alternatif yaitu undifferentiatedmarketing,differentiatedmarketing,danconcentratedmarketing.3).Dalam implementasistrategipositioning,BPRSBhaktiSumekarmengelompokkan
Positioningmenurut pendekatanatribut syariah, Positioning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Nafiatul Azizah
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:01
Last Modified: 10 Jul 2024 08:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35552

Actions (login required)

View Item View Item