Pengembangan Media Magic Disc Untuk Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Materi Tajwid Di MTs NU Al Badar Kaliwining Rambipuji

Mukaroman, Siti Luluk (2024) Pengembangan Media Magic Disc Untuk Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Materi Tajwid Di MTs NU Al Badar Kaliwining Rambipuji. Masters thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS SITI LULUK M.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Luluk Mukaromah, 2024. Pengembangan Media Magic Disc Untuk Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Tajwid Di MTs NU Al Badar Kaliwining Rambipuji. Tesis. Progam Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh. Sahlan, M. Ag., Pembimbing II: Dr. H. Syamsul Anam, M. Pd.
Kata Kunci: Media Magic Disc, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Materi Tajwid
Materi tajwid merupakan ilmu yang mempelajari kaidah dalam membaca Al-Qur’an dan hukum masing-masing bacaannya. Penguasaan materi tajwid dalam membaca Al-Qur’an menjadi salah satu tujuan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Namun, siswa masih sering kesulitan dalam membedakan jenis hukum masing-masing bacaan. Hal ini menjadi tantangan guru Al-Qur’an Hadits dalam mengajarkan materi tajwid pada siswa. Oleh karena itu, penelitian pengembangan ini mengembangkan media magic disc untuk ilmu tajwid.
Rumusan masalah penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media magic disc 2) Bagaimana validitas media magic disc 3) Bagaimana efektivitas media magic disc untuk pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi tajwid di MTs NU Al Badar Kaliwining Rambipuji?
Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: 1) mengembangkan media magic disc 2) menguji tingkat validitas media magic disc 3) menguji efektivitas media magic disc untuk pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Al Badar Kaliwining Rambipuji.
Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan menggunakan desain model pengembangan borg and gall. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen angket validasi ahli materi dan media, instrument angket respon siswa dan guru. Analisis validasi berdasarkan penilaian ahli validasi dan analisis efektivitas menggunakan analisis quasi-exsperiment jenis one group pretest posttest dengan perhitungan N-Gain dan uji T.
Hasil penelitian pengembangan terkait validitas memperoleh prosentase 90% dari ahli materi dengan kategori “sangat valid”, 79% dari ahli media dengan kategori “valid”, 100% dari respon guru dengan kategori “sangat valid”, dan 94,3% dari respon siswa dengan kategori “sangat valid”. Untuk efektivitas melalui pretest dan posttest memperoleh hasil rata-rata pretest sebesar 46,5 dan posttest sebesar 92,75. Berdasarkan uji n-gain dengan menggunakan perhitungan Ms. Excel memperoleh rata-rata sebesar 0,833726 dimana 0,833726 > 0,7 sedangkan uji t dengan menggunakan perhitungan SPSS memperoleh t-hitung 7,663 dengan t-tabel 2,100 sehingga dapat dikatakan bahwa t-hitung > ¬t-tabel yakni 7,663 > 2,100 dengan hasil signifikansi 0,000 yang mana 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran magic disc untuk ilmu tajwid di MTs NU Al Badar Kaliwing Rambipuji dikatakan “efektif”.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Luluk Mukaromah
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:43
Last Modified: 03 Jul 2024 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35556

Actions (login required)

View Item View Item