Hubungan Social Comparison dengan Self Esteem pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial TikTok di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Fitri, Lailatul (2024) Hubungan Social Comparison dengan Self Esteem pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial TikTok di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH.achmad siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Lailatul Fitri 204103050018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (57MB)

Abstract

Lailatul Fitri, 2024: Hubungan Social Comparison dengan Self Esteem pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial TikTok di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata kunci: Social comparison, self esteem, mahasiswa, tiktok
Media sosial merupakan tempat dimana orang dapat membuat profil dan memiliki berbagai fitur, antara lain mendorong interaksi pengguna, berbagi informasi dan membangun hubungan dengan pengguna lain. Di zaman modern ini, masyarakat cenderung mudah membandingkan dirinya dengan orang lain melalui media sosial, atau yang biasa disebut dengan social comparison. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi individu melakukan social comparison adalah self esteem (harga diri) yang rendah, yang mana self esteem rendah cenderung tidak puas dengan pencapaian yang diraih dan menilai dirinya secara negatif. Sedangkan individu yang memiliki self esteem tinggi mempunyai citra diri yang baik dan menilai dirinya secara positif.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah ada hubungan social comparison dengan self esteem pada mahasiswa pengguna media sosial TikTok di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui ada tidaknya hubungan social comparison dengan self esteem pada mahasiswa pengguna media sosial TikTok di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket/kuesioner. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan pearson product moment, yakni untuk mengetahui kekuatan hubungan antara social comparison dengan self esteem pada mahasiswa pengguna media sosial TikTok di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa hasil penelitian menunjukkan nilai pearson correlation sebesar -0.247, yang mengimplikasikan bahwa social comparison memiliki hubungan negatif dengan self esteem mahasiswa yang menggunakan media sosial TikTok. Artinya, semakin tinggi social comparison yang dilakukan maka semakin rendah self esteem. Sebaliknya, semakin rendah social comparison yang dilakukan maka semakin tinggi self esteem yang dimiliki oleh mahasiswa pengguna media sosial TikTok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170201 Computer Perception, Memory and Attention
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Lailatul L Fitri
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:37
Last Modified: 05 Jul 2024 03:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35864

Actions (login required)

View Item View Item