Model Pengembangan Sustainable Development Goals (SDGs) Berbasis Pengelolaan Zakat Produktif Melalui Balai Ternak Baznas Jember

Sayyid, Ja’far Shodiq (2024) Model Pengembangan Sustainable Development Goals (SDGs) Berbasis Pengelolaan Zakat Produktif Melalui Balai Ternak Baznas Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Revisi Ujian Tesis Sayyid 1 juli RTF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (31MB)

Abstract

Shodiq, Sayyid Ja’far, 2024. Model Pengembangan Sustainable Development Goals Berbasis Pengelolaan Zakat Produktif Melalui Balai Ternak BAZNAS Jember. Tesis. Program Studi Ekonomi Syari’ah Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. Moch. Chotib, S.Ag., M.M.. Pembimbing II: Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si

Kata Kunci: Zakat Produktif, BAZNAS, Sustainable Development Goals

Pengelolaan dana zakat produktif oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, terutama terkait dengan pencapaian SDGs. Namun, masih perlu diungkapkan lebih lanjut mengenai hubungan antara praktik pengelolaan dana zakat produktif oleh BAZNAS Jember dan kontribusinya terhadap pencapaian SDGs di tingkat lokal.
Fokus pada penelitian ini 1) Bagaimana pengelolaan zakat produktif di BAZNAS Jember?. 2) Bagaimana implementasi nilai-nilai SDGs dalam pengelolaan dana zakat di BAZNAS Jember?. 3) Bagaiamana model pengembangan sustainable development goals berbasis pengelolaan zakat produktif melalui balai ternak BAZNAS Jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisa penegelolaan zakat produktif di BAZNAS Jember. 2) Menganalisa penerapaan nilai-nilai SDGs dalam penegelolaan dana zakat di BAZNAS Jember. 3) Menganalisa Model Pengembangan SDGs Berbasis Pengelolaan Zakat Produktif Melalui Balai Ternak BAZNAS Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, analisis dokumen, dan studi kasus terhadap implementasi pengelolaan dana zakat produktif oleh BAZNAS Jember. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengevaluasi dampak dari praktik pengelolaan dana zakat tersebut terhadap berbagai aspek pembangunan berkelanjutan yang diusung oleh SDGs.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) BAZNAS Kabupaten Jember telah mengalami peningkatan signifikan dalam penghimpunan dana zakat, didorong oleh instruksi dari pemerintah daerah. 2) Pendistribusian dana zakat produktif dilakukan secara adil dan proporsional, namun evaluasi terhadap penggunaan dana zakat masih perlu diperkuat. Selain itu, implementasi nilai-nilai SDGs dalam pengelolaan dana zakat oleh BAZNAS Jember menunjukkan pendekatan yang holistik dengan fokus pada akses terhadap layanan dasar, pemberdayaan ekonomi, keadilan sosial, pelestarian lingkungan, dan solidaritas kemanusiaan. 3) Model pengembangan SDGs melalui pengelolaan dana zakat produktif di BAZNAS Jember muncul sebagai langkah progresif dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan mengintegrasikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan ke dalam seluruh proses pengembangan dan implementasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sayyid Ja'far Shodiq
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:06
Last Modified: 08 Jul 2024 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36005

Actions (login required)

View Item View Item