Manajemen Entrepreneur Dalam Program Educotourism Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan

Hasanah, Fitriyatun (2024) Manajemen Entrepreneur Dalam Program Educotourism Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitriyatun Hasanah_ 203206010003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Manajemen Entrepreneur berupaya mengelola sumberdaya yang dimiliki oleh suatu lembaga untuk menciptakan peluang serta potensi yang dapat memiliki nilai guna untuk lembaganya. Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekaksan berupaya memberikan layanan pendidikan yang terbaik terhadap kemajemukan peserta didiknya agar potensi-potensinya bisa tereksplorasi dengan baik dan maksimal melalui manajemen entrepreneur.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana desain model entrepreneur dalam program educotourism Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. 2) bagaimana Implementasi entrepreneur dalam program educotourism Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. 3) bagaimana Evaluasi entrepreneur dalam program educotourism Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan dan menganalisi desain model entrepreneur dalam program educotourism Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. 2) mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi entrepreneur dalam program educotourism Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. 3) mendeskripsikan Evaluasi entrepreneur dalam program educotourism Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles Huberman dan Saldana. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian meliputi 1)Desain model entrepreneur dalam program educotourism Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan dengan melakukan analisis terhadapa sumberdaya alam dan sumberdaya madrasah, analisis terhadap peluang, potensi dan kebutuhan hingga menciptakan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan situasi madrasah. 2) Implementasi entrepreneur dalam program educotourism menghasilkan beberapa program yang diantaranya madrasah peduli dan berbudaya lingkungan, program kampung pendidikan, program yang mengimplentasikan kerjasama dengan masyarakat sekitar lingkungan madrasah. Selain itu, terdapat pula produk ekologi, dimana produk-produk ini memiliki nilai jual serta SIUP dan menjadi salah satu income untuk madrasah. 3) Evaluasi entrepreneur pelaksanannya rutin pada setiap hari sabtu setelah jam terakhir di ruang guru, dan melalui assesmen sumatif dan formatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fitriyatun Hasanah
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:51
Last Modified: 08 Jul 2024 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36008

Actions (login required)

View Item View Item