Strategi Marketing Mix Produk Kerajinan Seni Jaranan Dalam Meningkatkan Penjualan Di Toko Zavina Desa Kasian Puger Kabupaten Jember

Naza, Rafi Nehrun (2024) Strategi Marketing Mix Produk Kerajinan Seni Jaranan Dalam Meningkatkan Penjualan Di Toko Zavina Desa Kasian Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji chmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-130-ES-2024)
rafi watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Rafi Nehrun Naza, 2024: Strategi Marketing Mix Produk Kerajinan Seni Jaranan Dalam Meningkatkan Penjualan Di Toko Zavina Desa Kasian Puger Kabupaten Jember. Pembimbing: Siti Indah Purwaning Yuwana, S.Si, M.M.

Kata Kunci: marketing mix, penjulan, kerajinan seni jaranan

Toko zavina merupakan salah satu toko yang menyediakan produk kesenian jaranan. Akan tetapi, banyak pesaing muncul yang menjual produk kesenian jaranan yang membuat toko ini mengalami penurunan penjualan dan kehilangan pelanggannya. Hal tersebut membuat toko ini akan semakin sulit dalam menghadapi persaingannya. Maka dari itu, toko ini berusaha meningkatkan kemampuan penjualan pada konsumen dengan strategi agar mampu menghadapi persaingan dan keadaan saat ini. Toko zavina Desa Kasian Kecamatan Puger Kabupaten Jember karena toko tersebut memiliki strategi menarik dalam penjualannya. Pada toko ini usaha yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan salah satunya yaitu melakukan strategi marketing, Sehingga mampu menaikkan omset penjualan dari tahun-tahun sebelumnya.
Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu tentang: Bagaimana penerapan straregi marketing mix mampu meningkatkan penjualan di toko zavina di Desa Kasian Puger Kabupaten Jember?.
Tujuan Penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan penerapan straregi marketing mix mampu meningkatkan penjualan di toko zavina di Desa Kasian Puger Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini penelitian kualiatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan yaitu menggali sumber dari hasil dokumentasi dan wawancara langsung kepada yang terkait. Teknik analisis menggunakan teknik analisis Milels, Hulbelrman, dan Saldana yaitu kondelnsasi data, pelnyajian data, dan melmbulat kelsimpullan. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi data, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Pada toko zavina Desa Kasian Puger Kabupaten Jember menggunakan marketing mix 4P yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. Produk dibuat dengan kualitas bagus dengan beraneka macam kerajinan, harga yang ditentukan disesuaikan dengan kualitas barang dan ukuran barang, untuk tempat cukup strategis dan luas yang berada di keramaian dandekat dengan pasar, sedangkan promosi dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan melakukan sales promotion. Dari keempat aspek marketing mix yang mampu meningkatkan penjualan pada toko zavina Desa Kasian Puger Kabupaten Jember yaitu pada bagian aspek promosi, pada aspek promosi dengan melalui sales promosi ini toko zavina mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rafi Nehrun Naza
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:34
Last Modified: 19 Jul 2024 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36344

Actions (login required)

View Item View Item