Pengaruh Self Esteem Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 02 Wuluhan Jember

Magfiroh, Aulia Ana (2024) Pengaruh Self Esteem Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 02 Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-038-TADRIS-MTK-2024)
Ana Aulia Magfiroh (T20177099).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Keaktifan belajar matematika siswa pada umumnya adalah proses keterlibatan siswa terhadap proses pembelajaran matematika. Dengan aktifnya siswa, guru akan mudah mengetahui sampai mana tingkat kefahaman siswa dalam pembelajaran matematika yang telah disampaikan oleh guru. Tingkat kekatifan siswa tidaklah sama, hal ini bisa dilihat dari faktor self esteem yang ada pada diri setiap siswa, semakin positif self esteem yang dimiliki maka akan semakin aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, dan sebaliknya jika self esteem peserta didik cenderung negative maka keaktifan peserta didik tersebut dalam proses pembelajaran matematika adalah kurang.
Rumusan masalah penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana self esteem siswa kelas VIII di SMPN 02 Wuluhan Jember ?. 2) Bagaimana kekatifan belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 02 Wuluhan Jember ?. 3) Adakah pengaruh self esteem terhadap kekatifan belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 02 Wuluhan Jember ?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan self esteem siswa kelas VIII di SMPN 02 Wuluhan Jember. 2) Untuk mendiskripsikan kekatifan belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 02 Wuluhan Jember 3) untuk mengetahui pengaruh self esteem terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 02 Wuluhan Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian asosiatif, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 02 Wuluhan Jember. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sampling jenuh. Sampelnya terdiri dari kelas VIII.A, VIII.B, VIII.C, VIII.D, dan VIII.E. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan angket. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis regresi linier sederhana.
Penelitian ini sampai disimpulan bahwa 1) berdasarkan pengisian angket self esteem siswa beragam dengan kualisifikasi siswa memiliki self esteem tinggi sebanyak 23 dengan presentase 46%, siswa memiliki self esteem sedang sebanyak 27 dengan presentase 50%, dan siswa memiliki self esteem rendah sebanyak 2 orang dengan presentase 4%, sedangkan untuk pengisian angket keaktifan hasilnya beragam dengan kualisifikasi siswa memiliki keaktifan sangat tinggi adalah sebanyak 4 dengan presentase 8%, siswa memiliki keaktifan tinggi sebanyak 34 dengan presentase 62%, siswa memiliki keaktifan sedang sebanyak 11 dengan presentase 20%, siswa memiliki keaktifan rendah yakni 3 orang dengan presentase 6% dan siswa dengan keaktifan sangat rendah yakni 2 orang dengan presentase 4%. 2) berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada self esteem terhadap kekatifan belajar siswa kelas VIII di SMPN 02 Wuluhan Jember. 3) Adapun besar pengaruhnya adalah sebesar 0.374 atau 37,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci : Self esteem, keaktifan belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ana Aulia Magfiroh
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:31
Last Modified: 15 Jul 2024 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36445

Actions (login required)

View Item View Item