Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Di KSPP.Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Kalisat Jember

Riwati, Ifa (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Di KSPP.Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IFA RIWATI _204105010091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Ifa Riwati, Siti Indah Purwaning Yuwana, S,Si., M.M. 2024: Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Di KSPP.Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Kalisat Jember.Strategi pemasaran merupakan suatu pendekatan terhadap sumber daya potensial yang dapat digunakan untuk merencanakan pelaksanaan tujuan pemasaran. Keunggulan kompetitif merupakan kemampuan suatu perusahaan meraih keuntungan ekonomis diatas laba. Sebuah perusahaan dinyatakan memiliki keunggulan kompetitif bilamana memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor.Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif di KSPP.Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Kalisat Jember? (2) Apakah keunggulan strategi pemasaran di KSPP.Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Kalisat Jember?Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif di KSPP.Syariah BMT Nuansa Umat Cabang Kalisat Jember, (2) Untuk mengetahui keunggulan strategi pemasaran di KSPP.Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Kalisat Jember.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Kesimpulan dari penelitian ini yakni: (1) Strategi pemasaran yang diterapkan di KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Cabang Kalisat Jember telah berhasil meningkatkan keunggulan kompetitif lembaga tersebut melalui pendekatan terintegrasi terhadap bauran pemasaran (4P: Produk, Tempat, Harga dan Promosi). Fokus pada inovasi produk, pemilihan lokasi yang strategis, penetapan harga yang kompetitif, dan strategi promosi yang efektif. (2) Keunggulan strategi pemasaran di KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Kalisat Jember terletak pada penerapan pendekatan holistik yang mengintegrasikan keempat elemen utama bauran pemasaran. Hal ini memastikan bahwa produk dan layanan yang ditawarkan selalu relevan dengan kebutuhananggota, mudah diakses, dihargai secara kompetitif dan didukung oleh promosi yang efektif. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Keunggulan Kompetitif, BMT NU Kalisat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ifa Ifa Riwati
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:47
Last Modified: 11 Oct 2024 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36742

Actions (login required)

View Item View Item