Riskiatin, Saroh (2024) Optimalisasi Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada BPR ADY Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Saroh Riskiatin _204105010080 skripsi sidang fiksss.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Saroh Riskiatin, Siti Indah Purwaning Yuwana, 2024: Optimalisasi Penerapan
Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas
Nasabah Pada BPR ADY Jember.
Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan, khususnya di
sektor perbankan, harus berinovasi untuk menarik dan mempertahankan
pelanggan. Dengan banyaknya pilihan bagi pelanggan, mereka memiliki pengaruh
besar terhadap keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu
mencari strategi efektif untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia dan
tidak beralih ke pesaing.
Fokus penelitian ini: 1. Bagaimana penerapan Customer Relationship
Management (CRM) pada BPR ADY Jember? 2. Bagaimana efektifitas penerapan
Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan loyalitas
nasabah pada BPR ADY Jember?
Tujuan penelitian skripsi ini: 1. Untuk menjelaskan penerapan Customer
Relationship Management (CRM) pada BPR ADY Jember. 2. Untuk menjelaskan
hasil efektifitas penerapan Customer Relationship Management (CRM) untuk
meningkatkan loyalitas nasabah pada BPR ADY Jember
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subyek
penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yakni observasi,
wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Untuk keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teori.
Kesimpulan penelitian dalam skripsi adalah: 1. Bahwa penerapan
customer relationship management pada BPR ADY Jember sudah sesuai dengan
teori yang ada yaitu menerapkan komponen manusia (people), proses, dan
teknologi. 2. Efektifitas penerapan customer relationship management untuk
meningkatkan loyalitas nasabah pada BPR ADY Jember menunjukkan bahwa
telah maksimal dan efektif dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Dengan adanya
Customer Relationship Management, perusahaan merasa semakin dekat dengan
nasabah, sehingga mereka lebih percaya dan setia menggunakan produk BPR
ADY Jember.
Kata Kunci: Optimalisasi, Customer Relationship Management, Loyalitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | saroh Saroh Riskiatin |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 07:54 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 07:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36743 |
Actions (login required)
View Item |