Pengaruh Relationship Marketing, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Market Share Produk Tabungan Britama Di Bank Rakyat Indonesia (BRI) KC Jember

Mardiah, Ummahatun (2024) Pengaruh Relationship Marketing, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Market Share Produk Tabungan Britama Di Bank Rakyat Indonesia (BRI) KC Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 131 PS 2024)
Ummahatun Mardiah _204105010077-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Ummahatun Mardiah, Nurul Setianingrum, 2024: Pengaruh Relationship
Marketing, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Market Share Produk
Tabungan BritAma Di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang
Jember.
Kata Kunci: Relationship Marketing, Harga, Kualitas Layanan, dan Market
Share Produk Tabungan BritAma
Pangsa pasar (market share) mencerminkan keuntungan pasar dengan aktif
mempertahankan produk lamanya dan menciptakan terobosan baru berupa inovasi
terhadap produknya, serta membangun relationship marketing, harga, dan kualitas
layanan yang unggul untuk mempengaruhi minat suatu nasabah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah relationship
marketing berpengaruh signifikan terhadap Market Share produk tabungan
BritAma di BRI KC Jember? (2) Apakah harga berpengaruh signifikan terhadap
Market Share produk tabungan BritAma di BRI KC Jember? (3) Apakah kualitas
layanan berpengaruh signifikan terhadap Market Share produk tabungan BritAma
di BRI KC Jember? (4) Apakah relationship marketing, harga, dan kualitas
layanan berpengaruh simultan terhadap Market Share produk tabungan BritAma
di BRI KC Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh relationship
marketing terhadap Market Share produk tabungan BritAma di BRI KC Jember
(2) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap Market Share produk tabungan
BritAma di BRI KC Jember (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan
terhadap Market Share produk tabungan BritAma di BRI KC Jember (4) Untuk
mengetahui pengaruh relationship marketing, harga, dan kualitas layanan
terhadap Market Share produk tabungan BritAma di BRI KC Jember
Untuk mengidentifikasi permasalahan penelitian ini, maka menggunakan
metode penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan penelitian deskriptif dengan
menggunakan metode field research. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik sampling incidental. Serta metode analisis dalam penelitian
menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, analisis linier regresi
berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R-Square).
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : (1) relationship marketing tidak
mempengaruhi Market Share produk tabungan BritAma di BRI KC Jember. Nilai
Thitung dan Ttabel sebesar (1,749 > 1,658) dan nilai signifikan sebesar (0,083 >
0,05). (2) Harga mempengaruhi Market Share produk tabungan BritAma di BRI
KC Jember. Nilai Thitung dan Ttabel sebesar (2,483 > 1,658) dan nilai signifikan
sebesar (0,014 < 0,05). (3) Kualitas layanan mempengaruhi Market Share produk
tabungan BritAma di BRI KC Jember. Nilai Thitung dan Ttabel sebesar (2,019 >
1,658) dan nilai signifikan sebesar (0,046 < 0,05). (4) Relationship marketing,
harga, dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap Market Share
produk tabungan BritAma di BRI KC Jember. Nilai Fhitung dan Ftabel sebesar
(10,173 > 3,232) dan nilai signifikan sebesar (0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Diah Ummahatun Mardiah
Date Deposited: 11 Oct 2024 08:18
Last Modified: 05 Dec 2024 08:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36744

Actions (login required)

View Item View Item