Analisis Nubuwwah Dalam Mewujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember

A, Asnita (2024) Analisis Nubuwwah Dalam Mewujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Asnita_2011050300031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Asnita A, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I., 2024: Analisis Nubuwwah Dalam Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Pengelolaan Dana Desa, Transparansi, Akuntabilitas, dan Nubuwwah.
Menurut Permendagri Nomor 20 Tahun 2018, proses pengelolaan keuangan desa mencakup keseluruhan kegiatan yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana pengelolaan dana Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember? (2) Bagaimana transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember? (3) Bagaimana analisis nubuwwah dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan dana desa di Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember (2) Untuk mendeskripsikan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember. (3) Untuk menganalisis nubuwwah dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data pada penelitian ini, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, (1) pengelolaan dana Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember dilakukan berdasarkan Undang-undang Nomor 113 Tahun 2014 meliputi, tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban yang sudah dilakukan dengan baik. (2) transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember sudah terbuka dan bertanggung jawab dengan baik atas dana yang dikelola. (3) nubuwwah dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember meliputi yaitu sifat shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah sudah meneladani dengan baik dalam kehidupan dan penyelenggaraan pengelolaan dana desa secara terbuka dan bertanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150110 Governmental Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150114 Corporate Social Responsibility
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Asnita Nita Taaaa
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:41
Last Modified: 14 Oct 2024 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36755

Actions (login required)

View Item View Item