Implemtasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Produk Tabungan Haji dan Umrah di KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember

Fauziyah, Khosyi (2024) Implemtasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Produk Tabungan Haji dan Umrah di KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
Khosyi Fauziyah NIM. 204105010033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Efektivitas, Produk Tabungan Haji dan Umrah
Perkembangan di perbankan syariah di Indonesia cukup tinggi, dan hal ini juga berlaku pada perkembangan perbankan syariah yang dilakukan oleh Lembaga sejenis syariah khusus seperti Baitul Mal Wat Tamwil (BMT), untuk melaksanakan rencananya sesuai dengan pedoman hukum yang dimiliki pemerintah yang sudah ditetapkan untuk pemilihan Lembaga keuangan yang berdasarkan prinsip syariah.
Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran di BMT NU Cabang Kalisat Jember? 2) Bagaimana efektivitas strategi pemasaran produk Tabungan Haji dan Umrah di BMT NU Cabang Kalisat Jember? 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas produk Tabungan Haji dan Umrah di BMT NU Cabang Kalisat Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran di BMT NU Cabang Kalisat Jember. 2) Bagaimana efektivitas strategi pemasaran produk Tabungan Haji dan Umrah di BMT NU Cabang Kalisat Jember. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas produk Tabungan Haji dan Umrah di BMT NU Cabang Kalisat Jember.
Penelitian ini merupakan metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mununjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan meliputi strategi pemasaran yaitu 7P diantaranya Produk (product), Harga (price), Promosi (Promotion), Tempat (Place), Orang (People), Proses (Process), Bukti Fisik (Physical Evidence).
Penerapan strategi ini berhasil meningkatkan jumlah nasabah dan nilai Tabungan secara signifikan. Selain itu, faktor-faktor pendukung seperti faktor lokasi, faktor promosi, faktor harga. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi strategi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan daya saing dan efektivitas produk Tabungan Haji dan Umrah di Lembaga keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Khosyi Khosyi Fauziyah
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:09
Last Modified: 16 Oct 2024 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36765

Actions (login required)

View Item View Item