Kibtiyatul, Hasanah (2024) Efektivitas terapi Applied Behavior Analiysis ABA dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak autisme di Sekolah Luar Biasa Star Kids Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text
Kibtiyatul Hasanah _ 204103050007-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Kibtiyatul Hasanah, 2024: Efektivitas Terapi ABA Applied Behavior Analysis Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Star Kids Jember
Kata kunci: Terapi ABA, Kemampuan Kognitif, Autis
Salah satu masalah yang dimiliki oleh anak autis yaitu ketidakmampuan dalam bidang kognitifnya sehingga membuat anak terhambat dalam perkembangan akadmiknya.. Anak autis membutuhkan srategi atau terapi yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut seperti terapi perilaku atau ABA (Applied Behavior Analysis). Terapi ABA merupakan salah satu metode untuk membantu mempelajari keterampilan sosial dasar seperti mempertahankan kontak mata, memperhatikan, meniru dan mengontrol masalah perilaku anak autis. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana efektivitas terapi ABA dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak autis dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelakasanaan terapi ABA di Sekolah Luar Biasa Star Kids Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Sedangkanteknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Efektivitas metode ABA dapat diketahuimelalui respon positif oleh terapis, Namun respon positif ini diperoleh setelah beberapa kali pertemuan yang tingkat pembelajarannya disesuaikan dengan kondisi anak. Setelah pemberian terapi ABA dengan waktu yang cukup lama maka akan terlihat perkembangan kemampuan kognitif anak yang meliputi kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan.
Faktor yang mendukung dalam terapi ini yaitu meliputi media yang digunakan seperti gambar, dan dukungan dari orang tua yang melatih kembali kemampuan anaknya di rumah, sedangkan faktor penghambatnya meliputi perasaan anak yang tidak bisa ditebak, orang tua yang tidak memantau perkembangan anaknya dirumah, dan tempat terapi yang masih menggunakan 1 ruangan untuk semua anak sehingga anak mudah terdistraksi oleh suara orang orang yang berada di ruangan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ms Kibtiyatul Hasanah |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 04:04 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 04:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36966 |
Actions (login required)
View Item |