KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN TOLERANSI BERAGAMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 JEMBER

Anwari, Aditya (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN TOLERANSI BERAGAMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK 085 MPI 2024)
SKRIPSI ADITIYA WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Aditya Anwari, 2024: Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Toleransi
Beragama di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Jember.
Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Toleransi Beragama
Kepemimpinan kepala sekolah merupakan kemampuan untuk
menggerakan sumber yang ada pada suatu sekolah yang akan digunakan secara
maksimal untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam pendidikan formal,
siswa datang dari semua lapisan masyarakat dan menganut berbagai agama,
budaya, suku dan tradisi yang ada pada setiap daerah masing-masing. Oleh karena
itu, kepala sekolah sebagai pemimpin mempunyai tanggung jawab yang penting,
seperti menjadi manusia komunikator yang dapat memberikan contoh, inspirasi
dan sumber motivasi, seseorang yang dapat membantu membentuk dan
mengembangkan karakter dan nilai-nilai seseorang yang dapat memberikan sarana
bagi pendidikan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan
kepala sekolah dalam penguatan toleransi beragama di SMA Negeri 3 jember.?.
2)Apa saja Kendal-kendala kepala sekolah dalam memperkuat toleransi beragama
di SMA Negeri 3 jember.?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala
sekolah dalam penguatan toleransi beragama di SMA Negeri 3 jember. Untuk
mendeskripsikan kendala-kendala kepala sekolah dalam penguatan toleransi
beragama di SMA Negeri 3 jember.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan
data yang dibutuhkan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. untuk pengelola data menggunakan analisis interaktif
model dari miles, Huberman dan Saldana yaitu mengumpulkan data, kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitiannya adalah
kepala sekolah, 4 guru dan 8 siswa di SMAN 3 Jember.
Kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 3 Jember berperan penting
dalam memperkuat toleransi beragama dan menciptakan suasana belajar yang
positif. Dengan mengorganisir pertemuan, memberikan contoh sikap baik, dan
menghargai keragaman, kepala sekolah mempromosikan nilai-nilai Bhineka
Tunggal Ika. Namun, ada beberapa kedala, seperti kesulitan siswa baru
beradaptasi, kecenderungan berkelompok sesuai keyakinan, dan waktu yang
terbatas untuk mendukung inisiatif toleransi. Upaya ini biasanya dilakukan dalam
kegiatan orientasi dan upacara, menunjukkan perlunya strategi yang lebih efektif
untuk meningkatkan saling menghormati di antara siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Aditya Anwari
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:52
Last Modified: 18 Nov 2024 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37069

Actions (login required)

View Item View Item