Manajemen Pengembangan Kurikulum Di Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020

NI’MATUL HIDAYATI, - (2020) Manajemen Pengembangan Kurikulum Di Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM PASCASARJANA IAIN JEMBER.

[img] Text
NI’MATUL HIDAYATI_0849117034.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hidayati, Ni’matul, 2019. Manajemen Pengembangan Kurikulum Di Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Pembimbing I: Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I Pembimbing II: Dr. H. Sofyan Tsauri, MM. Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan, Kurikulum. Pengembangan kurikulum adalah proses perencanaan kurikulum agar menghasilkan rencana kurikulum yang luas dan spesifik. Masalah yang akan dijadikan laporan ini adalah masalah manajemen pengembangan kurikulum. Usaha pengembangan kurikulum diperlukan suatu keahlian manajerial dalam arti kemapuan merencanakan, mengorganisasi, mengelola dan mengontrol kurikulum. Fokus: 1) Bagaimana perencanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahunpelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangitahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelelitian untuk mendeskripksikan: 1) Perencanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020, 2) Pelaksanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020, 3) Evaluasi pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Robin Fogarty tentang mengintegrasikan kurikulum harus sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, condensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya dengan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan meliputi triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini:1) perencanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi berupa merumuskan tujuan kurikulum, merencanakan isi kurikulum, merancang aktifitas atau kegiatan belajar.2) Pelaksanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi berupa pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah, pelaksanaan kurikulum tingkat kelas.3) Evaluasi pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi berupa Internal evaluation (evaluator internal) dan Eksternal evaluation (evaluator eksternal)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:44
Last Modified: 18 Mar 2022 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3710

Actions (login required)

View Item View Item