IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI KEGIATAN STUDY CLUB BIOLOGI DI SMA NEGERI GLENMORE BANYUWANGI PADA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Mariyatul Fittria, Rifka Yanti (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI KEGIATAN STUDY CLUB BIOLOGI DI SMA NEGERI GLENMORE BANYUWANGI PADA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RIFKA Y.M.F.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Rifka Yanti Mariyatul Fittria, 2024: Analisis Kegiatan Study Club Biologi Dalam Memperkuat Minat Belajar Siswa Peserta Study Club Biologi Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri Glenmore Banyuwangi Tahun Pembelajaran 2023-2024.

Kata kunci : Kegiatan Study Club Biologi dalam Memperkuat Minat Belajar Peserta Study Club Biologi

Study Club Biologi di SMA Negeri Glenmore merupakan kegiatan non formal yang sudah berjalan sejak tahun 2016 hingga sekarang. Siswa yang berminat mengikuti Study Club Biologi saat ini pada tahun ajaran 2023/2024 mencapai 25 siswa dari siswa kelas X, XI, dan XII. Study Club Biologi di SMA Negeri Glenmore mempunyai 4 program yaitu 1). Mengadakan diskusi tentang biologi, 2). Mengadakan bimbingan dan pengayaan materi pembelajaran dalam bidang biologi, 3). Mengadakan pratikum atau percobaan ilmia sederhana, 4). Mengerjakan dan mendiskusikan latihan-latihan soal olimpiade dalam bidang biologi. Minat belajar adalah daya penggerak dari diri setiap individu untuk melakukan suatu kegiatan belajar yang berguna sebagai penambah pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Dalam hal ini minat belajar adalah salah satu aspek psikis yang mendorong siswa untuk memenuhi kebutuhan belajarnya, yang mana minat harus ada dalam diri siswa karena minat merupakan modal dasar untuk mencapai tujuan dalam belajar.
Tujuan penelitan ini adalah: 1).mendeskripsikan sejauh mana ekstrakulikuler Study Club Biologi yang ada di SMA Negeri Glenmore Banyuwangi. 2). Mendeskripsikan tentang minat belajar siswa yan tergabung pada Study Club Biologi di SMA Negeri Glenmore Banyuwangi. 3). Mendeskripsikan tentang peranan kegiatan Study Club Biologi dalam memperkuat belajar siswa di SMA Negeri Glenmore Banyuwangi.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Glenmore dengan menggunakan metode kualititatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 25 siswa (anggota Study Club Biologi) dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi .
Berdasarkan hasil penelitian ini adalah 1). hasil observasi dilapangan siswa yang mengikuti Study Club Biologi bukan hanya dari anak biologi saja melainkan dari jurusan teknik juga ada. 2). Dari data angket minat belajar biologi siswa anggota Study Club Biologi dari kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri Glenmore Banyuwangi Menunjukkan bahwa minat belajar siswa dikategorikan tinggi dengan presentase nilai rata-rata 79%. 3). Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa Study Club Biologi mempunyai peran dalam meningkatkan pemahaman materi biologi di SMA Negeri Glenmore Banyuwangi. Hal ini dikarenakan melalui Study Club Biologi siswa tidak hanya sekedar tahu dan menghafal materi biologi tapi juga dapat mengerti dan memahami tentang bagaimana cara menyelesaikan soal atau pertanyaan yang diberikan oleh guru, sehingga siswa akan semakin faham dengan matri biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Rifka Yanti Mariyatul Fittria
Date Deposited: 21 Nov 2024 06:24
Last Modified: 21 Nov 2024 06:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37190

Actions (login required)

View Item View Item