Vebriyanti, Bunga Amalia (2024) ANALISIS PENGARUH CUSTOMER INTIMACY, HARGA, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG DI BISMAR KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Bunga Amalia Febriyanti.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Bunga Amalia Febriyanti, Nadia Azalia Putri, M.M. 2024: “Analisis Customer
Intimacy , Harga dan Promosi terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian
Handphone Samsung di toko Bismar Jember”
Kata Kunci : Customer Intimacy, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian
Dalam perkembangan dunia modern dan globalisasi saat ini suatu kebutuhan
akan komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi setiap kalangan masyarakat,
keinginan setiap orang untuk mendapatkan handphone bukan saja untuk memenuhi
kebutuhan akan komunikasi melainkan perkembangan yang semakin modern saat ini
membuat banyak orang yang ingin menggunakan handphone karena berbagai macam
fitur dan dapat menunjang penampilan ketika berada ditengah masyarakat.
Rumusan masalah penelitian ini 1) apakah kualitas Customer Intimacy
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Samsung ditoko
Bismar Jember, 2) apakah harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
handphone Samsung ditoko Bismar Jember, 3) apakah promosi berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian handphone Samsung ditoko Bismar Jember
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk menganalisis pengaruh customer intimacy
terhadap keputusan pembelian handphone Samsung ditoko Bismar Jember, 2) untuk
mengetahui pengaruh harga terhadap pembelian handphone Samsung ditoko Bismar, 3)
untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian handphone Samsung
ditoko Bismar Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel
penelitian ini menggunakan non probability sampling yang berbentuk covenience
sampling sebanyak 107 responden. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier.
Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS.
Penelitian ini memberi hasil bahwa 1) variabel customer intimacy (X₁) tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar
0,163. 2). Variabel harga (X₂) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian (Y), dengan nilai beta sebesar 0,182. 3). Variabel promosi (X₃) berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dengan nilai beta sebesar 0,540. 4) Harga,
promosi, dan Customer Intimacy secara kolektif memiliki pengaruh terhadap variabel
kesenangan konsumen, menurut temuan penelitian. Nilai F estimasi positif sebesar
37,647, yang lebih tinggi dari nilai F tabel sebesar 2,69 pada tingkat signifikansi 0,000 <
0,05, memberikan bukti untuk ini. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang
menyatakan bahwa faktor harga, promosi, dan kedekatan dengan pelanggan secara
bersama-sama berpengaruh positif dan substansial terhadap kepuasan konsumen dalam
melakukan pembelian telepon seluler di Bismar, Kabupaten Jember, dapat diterima. Hasil
uji Koefisien Determinasi Simultan (R2) sebesar 52,3%, sedangkan variabel lain yang
tidak termasuk dalam penelitian ini berpengaruh terhadap sisanya sebesar 47,7%. Nilai
Adjusted R Square pada hasil tersebut adalah 0,523. Oleh karena itu, jika unsur harga,
promosi, dan keintiman pelanggan semuanya dapat ditingkatkan pada saat yang sama,
metrik kinerja untuk kepuasan pembelian akan lebih ideal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Bunga Amalia Vebriyanti |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:57 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37430 |
Actions (login required)
View Item |