Hasanah, Ifdatul (2024) Penerapan Alat Permainan Edukatif Maze Angka untuk Mengenalkan Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A Di Satuan Paud Sejenis Manggis 20 Arjasa Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
IFDATUL HASANAH_202101050046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Ifdatul Hasanah, 2024: “Penerapan Alat Permainan Edukatif Maze Angka Untuk Mengenalkan Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A Di Satuan Paud Sejenis Manggis 20 Arjasa Jember Tahun Ajaran 2023/2024”
Kata Kunci: Maze Angka, Mengenal Bilangan 1-10
Lembaga Satuan Paud Sejenis Manggis 20 telah berhasil dalam mengenalkan bilangan 1-10 pada anak kelompok A usia 4-5 tahun menggunakan alat permainan edukatif maze angka. Kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-10 di Satuan Paud Sejenis Manggis 20 sudah dalam kategori mampu yaitu dari 11 siswa 8 anak sudah berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 anak dalam kategori mulai berkembang (MB).
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan alat permainan edukatif maze angka untuk mengenalkan bilangan 1-10 pada anak kelompok A di SPS Manggis 20 Arjasa Jember Tahun Ajaran 2023/2024? 2) Bagaimana kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui alat permainan edukatif maze angka pada anak kelompok A di SPS Manggis 20 Arjasa Jember Tahun Ajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan alat permainan edukatif maze angka untuk mengenalkan bilangan 1-10 pada anak kelompok A di SPS Manggis 20 Arjasa Jember Tahun Ajaran 2023/2024
2) Mendeskripsikan bagaimana kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui alat permainan edukatif maze angka pada anak kelompok A di SPS Manggis 20 Arjasa Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di SPS Manggis 20 Arjasa Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Sebelum pelaksanaanpenggunaan alat permainan edukatif maze angka guru melakukan perencanaan terlebih dahulu. Dalam pelaksanaan penggunaan alat permainan edukatif maze angka untuk mengenalkan bilangan 1-10 ada tiga tahapan yaitu: kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 2) Guru melakukan evaluasi dengan mengobservasi anak ketika bermain maze angka untuk mengetahui tingkat perkembangannya. Kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-10 melalui alat permainan edukatif maze angka sudah berkembang dengan baik, anak mampumembilang banyak benda atau gambar, mampu mengenal konsep bilangan, dan mampu mengenal lambang bilangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Pacific Peoples Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Ifdatul Hasanah |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 04:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 04:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37551 |
Actions (login required)
View Item |