Laili, Faiqotul (2024) Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 2 Banyuwangi. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Faiqotul Laili 223206030027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (31MB) |
Abstract
Abstrak
Laili, Faiqotul. 2024 “Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Profil
Pelajar Rahmatan Lil Alamin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 2
Banyuwangi” Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H.
Sukarno, M.Si. Pembimbing II: Dr. H. Mas'ud, S.Ag, M.Pd.I.
Kata kunci: Internalisasi, Moderasi Beragama, Profil Pelajar Rahmatan Lil
Alamin, Ekstrakurikuler
Indonesia negara majmuk yang bercita-cita menjadi bangsa harmonis damai
dan rukun. Oleh karenanya dibutuhkan toleransi dari setiap kemajemukan yang
ada. Maka, moderasi beragama harus terimplementasikan dengan baik dengan
salah satu upayanya melalui penanaman nilai moderasi beragam di lingkup
Pendidikan. Pada ekstrakurikuler yang difasilitasi madrasah menjadikan peserta
didik dapat mengenal nilai moderasi lebih banyak lagi setalah di kelas.
Fokus penelitian 1) Bagaimana Internalisasi nilai Tawasuth dalam profil
pelajar rahmatan lil alamin melalui kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2
Banyuwangi? 2) Bagaimana nternalisasi nilai Tasamuh dalam profil pelajar
rahmatan lil alamin melalui kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Banyuwangi? 3)
Bagaimana Internalisasi nilai I‟tiraf al Urf dalam profil pelajar rahmatan lil
alamin melalui kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Banyuwangi?
Tujuan 1) Mendeskripsikan nternalisasi nilai Tawasuth dalam profil pelajar
rahmatan lil alamin melalui kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Banyuwangi? 2)
Mendeskripsikan Internalisasi nilai Tasamuh dalam profil pelajar rahmatan lil
alamin melalui kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Banyuwangi? 3)
Mendeskripsikan Internalisasi nilai I‟tiraf al urf dalam profil pelajar rahmatan lil
alamin melalui kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Banyuwangi?
Metode penelitian pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi
terstruktur dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan pengumpulan,
kondensasi, penyajian dan penarikan data dengan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber, teknik, waktu.
Hasil penelitian 1) Tawasuth diajarkan melalui pembelajaran di kelas,
jurnalistik, dan pramuka. Diperkuat dengan belajar menulis berita tanpa hoaks,
menerima perbedaan, dan bekerja sama. Nilai ini terinternalisasi dalam kebiasaan
menulis secara objektif dan berinteraksi tanpa diskriminasi. 2) Tasamuh diajarkan
melalui kelas, jurnalistik, dan pramuka, serta diperkuat lewat diskusi, pembuatan
video moderasi, dan kegiatan seperti Manfest. Nilai ini terinternalisasi dalam
kemampuan menyaring informasi dan kolaborasi dengan siswa lain. 3) I'tiraf al
Urf diajarkan melalui pelajaran fikih, ekstrakurikuler karawitan, dan perayaan
Maulid Nabi. Diperkuat melalui pengenalan alat musik tradisional, syair Islami,
dan tradisi budaya yang berpadu dengan nilai agama. Nilai ini terinternalisasi
dalam penerimaan budaya sebagai wujud tidak radikal dalam beragama di
lingkungan yang telah memiliki budaya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Faiqotul Laili |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 06:17 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 06:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37689 |
Actions (login required)
View Item |