Nabillah, Na'imatun (2024) Penerapan model pembelajaran inkuiri sosial pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
NA’IMATUN NABILLAH _202101090064.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata kunci: Penerapan, Model Inkuiri Sosial, IPS.
Penelitian ini di latar belakangi bahwa kurangnya antusias dan pemahaman peserta didik tentang materi interaksi sosial pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pendidik. Pendidik tersebut mengatakan bahwa pembelajaran tersebut masih menggunakan model konvesional saja, sedangkan dalam penguasaan materi tidak cukup melakukan kegiatan dengan membaca dan menghafal saja. Serta pendidik dituntut untuk kreatif dalam pemilihan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik aktif dalam kegiatan belajar. Oleh karena itu, diperlukannya model pembelajaran Inkuiri Sosial untuk peserta didik agar dapat meningkatkan antusias dan memahami secara mendalam tentang materi interaksi sosial.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2. Bagaimana Pelaksanaan Model Inkuri Sosial Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 3. Bagaimana Evaluasi Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian dilakukan pada kelas VII A menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data condensation, data display dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, pendidik dan peserta didik, triangulasi teknik dengan observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah perencanaan model pembelajaran inkuiri sosial yaitu pendidik menyiapkan modul ajar serta media yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik seperti gambar dan vidio. Untuk pelaksanaan model pembelajaran inkuri sosial dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahapan Orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Sedangkan pada evaluasi model pembelajaran inkuiri soisal yaitu pada saat proses pembelajaran dan diakhir pembelajaran yang berupa penugasaan kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Na'imatun Nabillah |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 06:06 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 06:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37792 |
Actions (login required)
View Item |