Indah Romadhoni, Rahmita (2024) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK DI MAN 1 GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Siddiq Achmad Siddiq Jember.
Text
RAHMITA INDAH ROMADHONI_201101030039.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya daya saing yang semakin
tinggi pada lembaga pendidikan, khususnya di jenjang sekolah menengah ke atas.
Dalam hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan jumlah peserta didik 3
tahun terakhir di MAN 1 Gresik, tentunya hal tersebut tidak luput dari Strategi
pemasaran pendidikan yang bagus untuk meningkatkan kuantitas peserta didik.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana
Strategi Bauran Pemasaran Pendidikan Aspek product dalam Meningkatkan
Kuantitas Peserta Didik di MAN 1 Gresik? 2) Bagaimana Strategi Bauran
Pemasaran Pendidikan Aspek People dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta
Didik di MAN 1 Gresik? 3) Bagaimana Strategi Bauran Pemasaran Pendidikan
Aspek Promotion dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik di MAN 1
Gresik?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini dilakukan 1) Untuk Mendeskripsikan
Strategi Bauran Pemasaran Pendidikan Aspek Product Dalam Meningkatkan
Kuantitas Peserta Didik di MAN 1 Gresik. 2) Untuk Mendeskripsikan Strategi
Bauran Pemasaran Pendidikan Aspek People Dalam Meningkatkan Kuantitas
Peserta Didik di MAN 1 Gresik. 3) Untuk Mendeskripsikan Strategi Bauran
Pemasaran Pendidikan Aspek Promotion Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta
Didik di MAN 1 Gresik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Kemudian teknik analisis data ini menggunakan pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu;1) Strategi Bauran Pemasaran Pendidikan Aspek
product dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik di MAN 1 Gresik yaitu;
menentukan tujuan sekolah, mengembangkan paket produk dasar,
mengembangkan produk jasa tambahan, mengelola citra dan komunikasi. 2)
Strategi Bauran Pemasaran Pendidikan Aspek People dalam Meningkatkan
Kuantitas Peserta Didik di MAN 1 Gresik yaitu; memperhatikan dalam proses
perekrutan, memastikan kualifikasi pendidikan, peningkatan kompetensi guru. 3)
Strategi Bauran Pemasaran Pendidikan Aspek Promotion dalam Meningkatkan
Kuantitas Peserta Didik di MAN 1 Gresik yaitu; menetapkan tujuan promosi,
menetapkan anggaran promosi, memilih media promosi, mengevaluasi efektifitas
promosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ms Rahmita Indah Romadhoni |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:48 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 06:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38434 |
Actions (login required)
View Item |