Pengaruh Hedonic Shopping Value, Fear of Missing Out (FoMO), dan Religiusitas Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pengguna E-Commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember

Qur'Ani, Nuzulia (2024) Pengaruh Hedonic Shopping Value, Fear of Missing Out (FoMO), dan Religiusitas Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pengguna E-Commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUZULIA QUR'ANI_211105020080.pdf

Download (25MB)

Abstract

Nuzulia Qur’Ani, Putri Catur Ayu Lestari, 2024: Pengaruh Hedonic Shopping Value, Fear of Missing Out (FoMO), dan Religiusitas Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pengguna E-Commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Hedonic Shopping Value, Fear of Missing Out (FoMO), Religiusitas, dan Impulsive Buying

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memungkinkan masyarakat untuk memilih atau membeli barang dan jasa melalui internet, seperti melalui e-commerce Shopee. Kemudahan dalam memilih dan membeli barang tersebut dapat menyebabkan pembelian impulsif (impulsive buying). Dalam perspektif Islam, setiap aktivitas manusia termasuk konsumsi harus bermanfaat dan tidak berlebihan.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah hedonic shopping value berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember? 2) Apakah fear of missing out (fomo) berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember? 3) Apakah religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember? 4) Apakah hedonic shopping value, fear of missing out (fomo), dan religiusitas berpengaruh secara simultan terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping value terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh fear of missing out (fomo) terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember. 4) Untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping value, fear of missing out (fomo), dan religiusitas terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan 375 sampel dan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hedonic shopping value berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember. 2) Fear of missing out (fomo) berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember. 3) Religiusitas berpengaruh tapi negatif terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember. 1) Hedonic shopping value, fear of missing out (fomo), dan religiusitas berpengaruh secara simultan terhadap perilaku impulsive buying pengguna e-commerce Shopee pada Generasi Z di Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nuzulia Qur'Ani
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:58
Last Modified: 23 Dec 2024 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38493

Actions (login required)

View Item View Item