PENGEMBANGAN BOOKLET DIGITAL DILENGKAPI CROSSWORD PUZZLE MATERI VIRUS BAGI SISWA SMAN RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2024/2025

Haqiqi Saifi, Najid Fajril (2024) PENGEMBANGAN BOOKLET DIGITAL DILENGKAPI CROSSWORD PUZZLE MATERI VIRUS BAGI SISWA SMAN RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad SIddiq Jember.

[img] Text
NAJID WM.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Booklet Digital, Crossword Puzzle, Virus
Pesatnya kemajuan teknologi memberikan dampak besar di berbagai bidang kehidupan, salah satunya yakni dalam bidang pendidikan. Materi virus merupakan materi yang pembahasannya luas dan abstrak. Dari hasil analisis kebutuhan, dihasilkan 66,7% siswa merasa kesulitan memahami materi virus. Oleh karena itu, dalam mempelajari materi virus dibutuhkan media yang dapat membantu siswa dalam memahami materi tersebut. Booklet digital ini merupakan pilihan untuk menunjang proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. berdasarkan hasil analisis kebutuhan, 91,4 % siswa setuju jika dikembangkan booklet digital dilengkapi crossword puzzle ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan kevalidan booklet digital dilengkapi crossword puzzle materi virus bagi siswa SMAN Rambipuji, (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan booklet digital dilengkapi crossword puzzle materi virus bagi siswa SMAN Rambipuji, (3) Mendeskripsikan keefektifan pengembangan booklet digital dilengkapi crossword puzzle materi virus bagi siswa SMAN Rambipuji.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu : (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5). Evaluation.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, angket, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Booklet digital dilengkapi crossword puzzle materi virus sangat layak digunakan dengan presentase kevalidan oleh ahli materi 1&2 sebesar 89% dan 91,8%, kevalidan dari ahli media 1&2 memperoleh presentase 92,4% dan 90,1%, dan kevalidan oleh guru biologi sebesar 97,2%. (2) Hasil uji respon siswa terhadap booklet digital didapatkan nilai presesntase sebesar 81,57 % untuk uji skala kecil dan 80,95 % pada uji skala besar dan masuk pada kategori “ sangat menarik”. (3) Hasil uji nilai pretetst dan posttest menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan, dan hasil perolehan uji N-gain yaitu 0,74 yang dapat disimpulkan booklet digital dilengkapi crossword puzzle materi virus cukup efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060506 Virology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Aril Najid Fajril Haqiqi Saifi
Date Deposited: 24 Dec 2024 06:37
Last Modified: 24 Dec 2024 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38704

Actions (login required)

View Item View Item