Ahsan Huda, Fahmi Nur (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI MATERI SEL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA MA’ARIF NU NURUL ISLAM BADES KECAMATAN PASIRIAN KABUPATEN LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
FAHMI NUR AHSAN HUDA_202101080007 WATERMARK.pdf Download (5MB) |
Abstract
Fahmi Nur Ahsan Huda: Pengaruh Motivasi Belajar Dan kemandirian belajar
Terhadap Hasil Belajar Materi Sel Siswa Kelas XI Ma Ma’arif NU Nurul Islam
Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Semester Genap Tahun 2024/2025
Kata Kunci: motivasi belajar, belajar mandiri, hasil belajar
Tingkat keberhasilan peserta didik perubahan dalam pengetahuan,
keterampilan ataupun sikap maka bisa dilihat dari hasil belajarnya. Dalam sebuah
proses pembelajaran peserta didik memiliki beragam karakteristik. Berhasil atau
tidaknya proses belajar seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor dari
dalam diri seorang maupun faktor yang berasal dari luar maupun dalam diri
seseorang seperti motivasi belajar dan kemandirian belajar.
Rendahnya Motivasi dan kemandirian didalam belajar hal ini akan
mengakibatkan hasil belajar yang rendah juga karena dua hal ini hal penting yang
harus di lakukan siswa, pendidik harus memiliki cara dan upaya untuk meningkatkan
hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif dan populasi siswa kelas XI . Teknik pengumpulan data:yang digunakan
kuisioner Analisis data terdiri dari uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji
linieritas, serta uji hipotesis menggunakan uji regresi linier ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa kelas XI MA
Ma’arif Nu Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang tergolong sangat tinggi sejumlah
18 siswa dengan persentase 29%, dan kategori tinggi sebanyak 45 siswa dengan
persentase 71%. 2) kemandirian belajar siswa kelas XI MA Ma’arif Nu Nurul Islam
Bades tergolong sangat tinggi sebanyak 3 siswa dengan persentase 5%, dengan
kategori tinggi sebanyak 52 siswa dan persentase 83% dan sedang sebanyak 8 siswa
dengan persentase 13%. 3) Prestasi belajar Biologi Siswa kelas XI MA Ma’arif Nu
Nurul Islam Bades sebanyak 34 siswa mendapatkan kategori nilai sangat tinggi
dengan persentase 54% dan 24 siswa memperoleh nilai tinggi dengan persentase
38% dan 5 siswa memperoleh nilai sedang dengan persentase 8%. 4) Terdapat
pengaruh signifikan motivasi belajar dan belajar mandiri secara individu terhadap
prestasi belajar biologi siswa kelas XI MA Ma’arif Nu Nurul Islam Bades Pasirian
Lumajang dengan uji T pada variabel motivasi belajar ditemukan Thitung > Ttabel (3.735
> 2.000) dengan sig sebesar (0,00 < 0,05) dan pada variabel belajar mandiri diperoleh
nilai Thitung > Ttabel ( 3,452 > 2,000)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Fahmi Nur Ahsan Huda |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 03:29 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 03:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38750 |
Actions (login required)
View Item |